Kala Politisi Beri Perhatian Gempa di Jakarta, Ini Pesannya untuk Anies

0
96

JAKARTASATU– Gempa yang terjadi siang tadi di Jakarta cukup membuat kaget masyarakatnya. Sebetulnya tidak hanya Jakarta yang terkena dampak dari gempa yang berpusat di Lebak, Banten tersebut melainkan juga daerah lain seperti Karawang hingga Bandung.

Menanggapi hal tersebut, ada hal menarik dari seorang politisi serta aktivis senior dalam melihat gempa. Dia ternyata nampaknya sudah menganati betul salah satu bencana alam yang ditakuti ini sejak lama. Bahkan dia secara khusus memiliki pesan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda untuk memperhatikan kejadian tersebut.

“Saya baru mengontak pakar gempa Dr. Danny Hilman bahwa gempa tadi gempa di terusan Patahan Cimandiri. Di offshore Pelabuhan ratu. Mudah-mudahan Anies-Sandi baca tuit saya. Ini masalah kemanusiaan, Mexico pernah hancur dengan mekanisme gempa yang mirip bisa terjadi di Jakarta.

Mudah-mudahan Anies-Sandi mau segera berbuat antisipasi kemungkinan Jakarta terkena goyangan gempa besar,” tulis Andi Arief di akun Twitter pribadi miliknya, Selasa (23/01/2018).

Dalam pengamatan dia, Jakarta di era Fauzi Bowo sebetulnya sudah ada gerakan untuk mengantisipasinya. Anies menurut dia harus tetap meneruskan apa yang mesti dilakukan untuk mengantisipasinya. “Zaman foke sudah ada mikrozonasi. Gempa itu sunatullah, bumi punya hukumnya sendiri. Manusianya harus berfikir, gempa akan mengulang di episentrum yang sama.

Setelah gempa seperti tadi biasanya masyarakat akan cepat lupa, tapi pemerintah tidak boleh melupakannya, harus bertindak mengantisipasi.” Gempa yang terjadi bukan kali ini terjadi dan terasa hingga Jakarta. Akan tetapi, adanya gempa itu menurut dia untuk memperingati manusia agar senantiasa wasapada.

“Apakah peringatan potensi gempa besar menakut-nakuti masyarakat. Tidak, justru agar masyarakat siap. Di Jepang sampai terbentuk komisi evakuasi. Ancaman bencana besar buat Jakarta dan sekitar adalah goyangan gempa besar di Selat Sunda dan patahan-patahan aktif yang mengurung Jakarta.” Andi pun menyarankan Anies untuk mengumpulkan para pakar untuk mengantisipasi untuk mengahadapi gempa susulan.

“Anies-Sandi saya sarankan panggil Tim sembilan ahli gempa tentang potensi megthrust Selat Sunda berdampak ke Jakarta. Kumpulkan pengelola gedung-gedung. Ini bukan gempa yang dikhawatirkan akan merusak hebat, masih jadi potensi yang entah kapan jika Selat Sunda megathrust (9,1 skalarichter).” RI

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.