Target Pemerintah pada 2019 Kepesertaan JKN Mencapai 100 Persen

0
66

JAKARTASATU– Pemerintah Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) terus berupaya dan bekerja keras dalam rangka meningkatkan kualitas hidup Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Mulai tahun 2014, pemerintah Jokowi-JK telah mencanangkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), di mana program ini bagian dari program jaminan sosial nasional.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemkominfo) R. Niken Widiastuti saat membuka Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB9).

Kali ini, Dismed FMB9 mengangkat tema “Strategi Mencapai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 2019″ bertempat di Gedung Serba Guna Roeslan Abdul Gani Kemkominfo, Jakarta, Senin (26/2/2018).

“Target pemerintah pada 2019, kepesertaan JKN mencapai 100 persen. Saat ini, Februari 2018, peserta JKN sudah mencapai 193.144.982 atau sekitar 74 persen. Sehingga masih ada kurang lebih 26 persen masyarakat dan penduduk Indonesia yang belum masuk kepesertaan JKN,” ulas NIken.

Untuk itu, menurut Dirjen IKP, siang hari ini (Senin, 26/2/2018), Dismed FMB9 akan membahas strategi dalam mencapai target JKN tahun 2019 yang akan disampaikan oleh para narasumber.

“Para jurnalis yang hadir, bisa mengajukan pertanyaan seperti apa langkah-langkahnya ke depan, terkait aturan dan perundang-undangan, serta seperti apa kesiapan sarana dan prasarana fasilitas kesehatannya,” ulas Niken.

Turut hadir sebagai narasumber dalam Dismed FMB9 antara lain Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Andayani Budi Lestari, Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalsum Komaryani, serta Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial Said Mirza Pahlevi. RI

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.