Dirjen Bea Cukai : Mafia Narkoba Harus jadi Musuh Bersama

0
780

JAKARTASATU- Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) saat ini tengah menyiapkan area khusus napi narkoba di lembaga pemasyarakatan (lapas) Nusakambangan, guna mencegah mereka tetap bisa beroperasi meski berada di dalam penjara.

Hal tersebut disampaikan Kepala BNN Irjen Pol Heru Winarko dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) bertajuk “Sergap Penyelundup Narkoba: Apa dan Bagaimana?”, yang diselenggarakan di Ruang Serba Guna Kemkominfo, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

“Pemerintah sudah menyiapkan di lapas Nusakambangan khusus untuk napi narkoba, sudah disiapkan area khusus, di mana nanti saat napi dibawa masuk ke sana ditutup matanya. Di sana tidak ada alat komunikasi dan fasilitas-fasilitas lain yang berpotensi digunakan untuk beroperasi,” jelasnya.

Selain menyiapkan area khusus, kata Kepala BNN, pihaknya juga akan melakukan rehabilitasi pada napi narkoba.

“Saya sudah ketemu insan lapas, ada beberapa hal yang kita samakan, bahwa BNN tidak hanya pemberantasan tapi juga pencegahan dan pemberdayaan. Di lapas pun kita akan ke sana. Selain memberantas oknum, kita juga akan memperbaiki akar masalahnya dengan melakukan rehabilitasi napi narkoba,” ujarnya.

Turut hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 antara lain Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi dan Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan.