MetroTV, Ancaman Mendagri, dan Cara Kerja Ombudsman RI

0
73
Anies Baswedan Gubernur Jakarta di lokasi Banjir/ Foto sindonews

By Bang Asyari Usman

MetroTV lagi, haha. Pagi tadi, TV yang serba-anti ini membahas peringatan dari Ombudsman RI (ORI) terhadap Gubernur Anies Baswedan. Menurut ORI, Anies tidak kompeten mengelola pedagang kaki lima di kawasan Tanah Abang. Terus, Mendagri mengeluarkan ancaman kepada Anies jika dia tidak mematuhi rekomendasi ORI.

MetroTV menggaungkan ancaman Mendagri untuk membebastugaskan Anies kalau dia tidak mematuhi rekomendasi ORI. Begitu bersemangat Elman Saragih membacakan Editorial Media Indonesia (MI) di MetroTV yang intinya hanya berupa ketidaksukaan mereka terhadap Anies. Mereka membuat caption “Gubernur Ruwet” untuk menggambarkan bahwa Anies tidak mampu menjalankan tugas.

Ada beberapa poin yang dapat kita sarikan dari acara MetroTV itu.

Pertama, bagi stasiun TV ini tidak ada satu pun yang bagus dari Anies-Sandi. Bagi mereka, hanya Ahok yang bisa menjadi gubernur DKI. MetroTV adalah stasiun TV yang paling berbahaya di Indonesia. Konten acaranya, disengaja atau tidak, kebanyakan bersifat menghasut dan memperkuat perpecahan bangsa.

Kedua, ORI pantas dipertanyakan cara kerjanya. Terasa sekali lembaga ini tidak netral. Kita mau bertanya, mengapa ORI tdak berperan ketika proyek reklamasi Teluk Jakarta sarat dengan masalah ekosistem dan dampak sosialnya. Kenapa ORI bersembunyi?

Ketiga, kenapa ORI tidak mengeluarkan sikap terkait pengduan warga maayarakat yang menduga terjadi penyalahgunaan Istana untuk kepentingan pribadi Jokowi ketika beliau membahas strategi pemenangan Pilpres 2019 bersama pimpinan Partai Solidaritas Indonesia (PSI)?

Keempat, apakah wajar Mendagri mengeluarkan ancaman untuk membebastugaskan Anies hanya gara-gara tidak mematuhi rekomendasi ORI soal pengelolaan pedagang kaki lima Tanah Abang? Kenapa tidak pernah mengancam Ahok ketiga dia dulu banyak melakukan kesalahan prosedur?

Semoga MetroTV menyadari sikap partisannya dalam menyajikan pembahasan berbagai isu politik dan sosial. Kalau Anda terus seperti sekarang, itu Anda sedang menjerumuskan masyarakat ke jurang partisan dan potensi konflik.

Kita juga mengimbau Mendagri agar tidak ikut-ikutan partisan seperti MetroTV atau mungkin juga ORI. Anda adalah pejabat publik yang diamanatkan bekerja untuk kepentingan rakyat, bukan untuk kepentingan partisan.

Penulis adalah wartawan senior/mantan wartawan BBC

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.