Robot Wowwi-Madrasah Aliyah (MA) Technonatura Memeriahkan hari jadi Kota Depok.

0
1599
Wowwi saat memberikan bendera Kota Depok pada HUT jadi ke 19 Kota Depok / Foto : Ist

JAKARTASATU.COM – Nama Madrasah Aliyah(MA), Technonatura kembali menjadi perbincangan masyarakat kota depok tatkala di hari jadi kota depok ke 19. Robot yang bernama Wowwi menemani Walikota dari ruang perpustakaan (Holding Room) hingga tempat duduk beliau dan podium tempat Walikota memberi sambutan di acara HUT Kota Depok, Jumat (27/04/2018).

Robot yang pernah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia peraih juara kedua Innovation di ajang Robot First Global Competition  2017 tahun  lalu di Washington DC – USA yang diikuti peserta dari 160 negara, sempat menjadi perhatian masyarakat depok saat walikota memimpin  upacara hari jadi kota depok.

Proses pembuatan robot tersebut memakan waktu 3 bulan dalam  bootcamp yang dilakukan di Madrasah TechnoNatura Depok. Proses pembuatan robot Wowwi yang menjadi ajudan walikota depok saat upacara hari jadi kota depok jum’at kemarin dibagi menjadi dua tim kerja.

Tim kerja Hardware bertugas merangkai komponen robot dan Tim Software yaitu tim yang membuat sistem kerja robot. ”Dalam teknis pembuatan robot Wowwi tantangan yang mereka hadapi tidaklah sedikit karena selain mereka harus mempelajari perangkat hardware yang baru mereka kenal, mereka juga harus pula mempelajari lingkungan pemrograman Java (Andoid Studio).” Ungkap Tras Rustamaji mentor pembuat robot Wowwi sekaligus kepala Madrasah Yayasan Technonatura Depok.

Tras Rustamaji beserta panitia dan tim pembuat robot MA Technonatura Depok./Foto : Ist

Ketua Panitia HUT Kota Depok ke-19, Sidik Mulyono dalam keterangannya pada media mengatakan, robot tersebut akan dipamerkan saat Upacara HUT Kota Depok di Balai Kota guna menambah daya tarik dari serangkaian acara yang digelar di kota Depok. Robot Wowwi  bertugas mengawal walikota Depok saat sudah di tengah podium. Kemudian robot tersebut secara simbolis akan menyerahkan bendera berlogo Kota Depok. Setelah prosesi selesai, robot akan berada di samping wali kota seperti layaknya ajudan.

“Agar lebih memperkuat kesan Depok, robot ini juga akan dikenakan pakaian batik khas Depok.” Ujar Sidik dalam keterangan dengan beberapa awak media.Sidik menambahkan dengan dipamerkannya robot tersebut, merupakan upaya pemerintah mengapresiasi prestasi para pelajar. Diharapkan, hal itu menjadi motivasi tersendiri bagi pelajar lainnya untuk menunjukkan prestasinya.“Di HUT Kota Depok ini, kita ingin menunjukkan bahwa warga Depok, khususnya pelajar memiliki beragam prestasi yang patut dibanggakan,” Ucap sidik Mulyono menjelaskan.

Kota yang berlambang buah  Belimbing ini, di hari jadi ke 19,mengambil tema Depok Kota Cerdas dan Berbudaya. Menurut walikota Depok, Mohammad Idris. Kota Cerdas merupakan sebuah upaya dan sinergi bersama dalam menghadapi tantangan dengan mengelola semua sumber daya secara efektif, efisien dengan menggunakan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan. Konsep tersebut diharapkan mendukung pembangunan berkelanjutan di Depok. Dan menurut keterangan Idris di media massa depok belum lama ini  ‎ ditawarkan oleh pemerintah pusat untuk menjadi salah satu dari 10 kota di Indonesia sebagai prototipe (contoh) kota cerdas dimasa yang akan datang. (JKST/Beng).