JAKARTASATU– Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meresmikan Masjid Al Irsyad Al Islamiyyah yang berada di dalam Rutan Wanita Pondok Bambu, Jakarta Timur Sabtu (12/5).

Dalam sambutannya, Anies menekankan perlu meniru langkah yang diambil oleh Al Irsyad Al Islamiyyah dalam berikhtiar membangun tempat-tempat ibadah umat Islam di tempat yang strategis seperti di dalam rutan wanita pondok babu.

“Ikhtiarnya harus ditiru. Banyak ruang-ruang di dalam pemerintahan yang bisa dikerjasamakan untuk kegiatan sosial dan masyarakat salah satunya membangun masjid,” tutur Anies dalam sambutannya, di Rutan Wanita Pondok Bambu, Jakarta Timur, Sabtu (12/5).

Anies menginginkan agar masjid tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. “Tapi pusat kegiatan masyarakat. Kami berharap pengelolaan masjid ini bagian dari usaha masyarakat untuk memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar,” ujar Anies.

Selain itu, Anies juga mendoakan agar masjid seluas 250 meter persegi itu berfungsi optimal seperti masjid Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang digunakan untuk berbagai kegiatan, di antaranya pusat pendidikan, kegiatan sosial, dan pelatihan bela diri.

Ia menambahkan,  bagi pengelola masjid tersebut agar tetap menjaga kebersihan.

“Masjid harus menjadi contoh. Segala macam najis tidak boleh ada di tempat itu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua  Pengurus Besar Wanita Al Irsyad Fahimah Askar menerangkan pembangunan masjid tersebut dilakukan relatif singkat selama tiga bulan, yakni sejak Maret – Mei 2018.

“Insya Allah dengan selesainya pembangunan masjid ini, dapat digunakan untuk melaksanakan ibadah terlebih dalam menyambut bulan Ramadhan nanti,” tutupnya. RI