Al-Izhar Jakarta Peduli Lingkungan dan Gelar Pasar murah

0
87
Murid sedang mengsosialisasikan Al-Izhar Peduli Lingkungan Kepada warga yang hadir di pasar murah. /DOK Al-Izhar

SEBUAH  KOMITMEN AL-IZHAR PONDOK LABU JAKARTA TUNJUKAN DENGAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN & JUGA MELALUI PASAR MURAH

JAKARTASATU.COM – Dalam rangka datangnya bulan suci Ramadhan Al-Izhar Pondok Labu menghadirkan pasar murah yang merupakan kegiatan rutin tahunan. Kegiatan ini diselenggarakan untuk membantu  warga pra sejahtera di sekitar lingkungan sekolah Al-Izhar.

Dalam kegiatan pasar murah, disiapkan 770 paket sembako yang terdiri dari Beras, Gula, Minyak goreng, Tepung Terigu, Mie Instant, Sirup, Kecap dan Mentega yang dijual kepada warga dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, dijual barang layak pakai yang terdiri dari baju dewasa dan anak-anak. Dana pembelian sembako dan sumbangan baju layak pakai didapat dari orang tua murid dan alumni keluarga besar Al-Izhar.

Barang layak pakai yang berhasil dikumpulkan sebanyak 2.000, lebih banyak dari pada tahun lalu.

Direktur administrasi dan umum Yayasan Anakku Reiny Arifin memberikan simbolis sembako kepada perwakilan warga/ Dok: Al-Izhar

“Kami berharap bahwa kegiatan yang baik melalui pasar murah akan tetap lestari. Bukan sekedar sebagai ladang amal dan berbuat baik. Tetapi, sebagai cerminan sifat kepekaan dan kepedulian sosial pada lingkungan sekitar,” ujar Wida Sadikin selaku Ketua Panitia Pasar Murah dalam pembukaan acara (2/6/2018

Kegiatan pasar murah tahun ini, hadir bersamaan dengan kampanye “Al-Izhar Peduli Lingkungan”, dengan melibatkan sukarelawan  dari murid SMP dan SMA. Keikutsertaan sukarelawan dari murid sesuai dengan misi Al-Izhar dalam menumbuhkembangkan keimanan melalui nilai-nilai dalam bersikap saling menghargai, rendah hati, empati, berani, dan berjiwa kepemimpinan. Mereka ikut terlibat dalam menyelenggarakan pasar murah yaitu mulai dari mengemas sembako yang akan dijual, membagikan kupon secara langsung ke rumah-rumah warga yang berhak menerimanya, dan mensosialiasasi.

“Al-Izhar Peduli Lingkungan” ke warga. Dalam kegiatan ini, murid dapat menimbulkan sikap peka dengan melihat kondisi warga pra sejahtera di lingkungan sekolah. Selain itu, murid perlu memahami kebutuhan lingkungan dan mempersiapkan diri dengan berbagai keterampilan untuk terjun ke masyarakat.

Wujud  komitmen Al-Izhar pada program peduli lingkungan untuk masyarakat selain mengadakan pasar murah, turut  serta dalam membangun kesadaran warga Al-Izhar dan lingkungan sekitar untuk menjadikan Ramadhan sebagai awal kebiasaan baru untuk cinta lingkungan dimulai dari #KitaAjaDulu. Berdasarkan data Dinas Kebersihan DKI Jakarta pada tahun 2016, bahwa terjadinya peningkatan volume sampah hingga 10% dalam waktu 10 hari pertama Ramadhan.

“Al-Izhar ingin bekerja sama dengan masyarakat sekitar, dengan berkoordinasi dengan ketua RT/RW dalam mensosialisasikan edukasi pengelolaan sampah yang baik. Hal ini berkaitan dengan kampanye “Al-Izhar Peduli Lingkungan”.  Dan yang sudah dilakukan dalam lingkungan sekolah adalah mengurangi penggunaan sampah plastik. Pada kesempatan Pasar Murah kali ini, pembagian sembako menggunakan tas belanja yang dapat digunakan kembali bukan plastik,” ujar Johan Lesmana sebagai Ketua Pelaksana Al-Izhar Peduli Lingkungan.

Dikatakannya dengan mengusung cinta lingkungan di bulan Ramadhan dijadikan sebagai pembelajaran untuk dapat berperan aktif dalam penerapan perilaku ramah lingkungan, khususnya dalam pengelolaan sampah.

“Persoalan lingkungan harus menjadi prioritas bersama. Untuk menunjukan kepedulian dengan aksi nyata, tidak perlu menunggu orang lain untuk bertindak tetapi dimulai dari #KitaAjaDulu dalam mengurangi penggunaan sampah plastik kemasan sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. |JGI/JKST

 

Comments

comments



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here