Dirut PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono Targetkan Integrasi paling Utama

0
74
ist

Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta ) yang baru, Agung Wicaksono mengatakan telah diberikan beberapa target yang harus dicapai oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Menurutnya, target pertama yang harus dilakukannya adalah melakukan integrasi. Baik integrasi secara internal perusahaan maupun integrasi moda transportasi publik yang ada di Jakarta. Seperti kereta ringan cepat (LRT), Moda Raya Transportasi (MRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) serta non-BRT.

“Satu kata yang paling mengemuka pada waktu saya dipanggil menghadap beliau (Anies) pada hari Kamis, 25 Oktober, adalah integrasi. Kata integrasi itu yang saya pelajari dan akan jabarkan untuk dilakukan. Tentu dengan dukungan tim dari Transjakarta,” kata Agung di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (29/10/2018).

Kemudian integrasi paling utama yang dilakukan di internal Transjakarta sendiri. Menurutnya, saat ini Transjakarta yang berstatus bus rapid transit (BRT) memiliki irisan dengan beberapa moda, yaitu dengan operator bus kecil atau angkutan kota (angkot), mass rapid transit (MRT), kereta commuterline Jabodetabek, kereta bandara, hingga light rail transit (LRT).

“Saya sudah diskusi dengan Pak Budi. Target utama integrasi di internal Transjakarta sendiri. Kedua, integrasi antar operator. Ketiga, integrasi dengan angkutan berbasis rel ada MRT dan LRT,” ucapnya.

Konsep integrasi antarmoda transportasi di Jakarta dikenal dengan sebutan Jak Lingko. Jargon tersebut diperkenalkan oleh Anies beberapa waktu lalu untuk menggantikan program One Karcis One Trip (OK OTRIP).

Jak Lingko memiliki makna Jak yang berarti Jakarta dan Lingko berarti jejaring atau pengintegrasian. “Saya akan ikuti prinsip Jak Lingko. Kuncinya untuk mengintegrasikan. Mengenai bagaimananya, secara detail akan pelajari lebih jauh,” jelasnya.

Selain itu dia menargetkan capaian penumpang lebih tinggi dibandingkan realisasi saat ini. Pasalnya, Anies sudah memberikan target penumpang yang harus diraih selama masa kepemimpinannya sebanyak 800.000 per hari. Saat ini, jumlah penumpang PT Transjakarta sudah mencapai 721.900 penumpang per hari.

“Untuk tahun ini, yang saya tanda tangani kontrak kinerjanya, maksimal target penumpang 800 ribu orang per hari,” paparnya.

Ketika ditanya tantangan terbesarnya menjadi Dirut PT Transjakarta, Agung mengungkapkan bagaimana dirinya sanggup melanjutkan tugasnya lebih baik dari Budi Kaliwono. “Itu tantangan. Saya akan lakukan yang terbaik untuk itu,” tukasnya.

Diketahui, Agung Wicaksono sebelumnya merupakan Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT Mass Rapid Transit (MRT).|JKST/CNAN

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.