Pameran Seni “Bicara Tubuh”  Digelar Artotel Thamrin Jakarta.

0
183
Windi Salomo , Ucita Pohan dan Felix Jozz saat memberi paparan di acara pembukaan Pameran Seni "Bahasa Tubuh" di Artotel Thamrin Jakarta / Foto : Beng

Jakartasatu.com – Bicara masalah tubuh  merupakan sesuatu yang  tak akan pernah selesai meski paling purba dari sejarah manusia itu sendiri, bahkah tubuh terus memperbaharui dirinya. Bukan hanya Adam dan Hawa yang terasing dari tubuhnya setelah makan kuldi di surga, Plato menyebut tubuh sebagai kuburan bagi jiwa, Sartre menyebut tubuh adalah jiwa dan aku sendiri, Lacan menyebut tubuh dan citranya dibangun oleh phallus, Foucoult  menyebut tubuh hanyalah mesin dari kepatuhan.

Salah satu karya Foto yang dipamerkan / Foto : Beng

Sejak manusia menggambar tubuh di dinding-dinding gua zaman primitif dulu, sejak saat itu pula tubuh dalam seni rupa terus diungkap guna membongkar hal-hal yang tak ter-apakan dalam tubuh yang terus bermetamorposis.

ARTOTEL Thamrin Jakarta, coba menyajikan sebuah peformance art (pameran seni) pada tanggal 13 – 26 Nopember 2018 dengan tema “Bicara tubuh” . Nuansa interior decorate art di berbagai sisi ruang reseption hotel, pameran seni dibuka dengan penjelasan entertainer muda Ucita Pohan menulis buku dengan tulisan tangan sebagai ekspresi tulisannya.

Alasan penciptaan buku Ucita menggunakan tulisan tangan, ia mengartikan tangan  merupakan bagian tubuh dalam mengungkapkan siratan makna photography yang dibuat oleh Jozz Felix.

Berbagai detailing tubuh karya foto felix bermain gelap terang dan memakai warna black and white saja, dengan maksud agar tampilan foto yang disajikan lebih mempunyai greget dan mempunyai daya tarik estetika yang berbeda bila itu full color.

Permainan minimalis  lighting fotography dan makro lens agar tercipta rangkaian detail tubuh menjadi lebih berbicara ditampilkan dalam beberapa hasil karya felix Jozz di ruang pamer (Artspace Mezanine Artotel Lantai 2)

“Bicara Tubuh” menjadi karya kolaborasi pertama yang dilakukan oleh Ucita Pohan dan Jozz Felix bersama ARTOTEL Thamrin Jakarta. Dengan visi dan misi yang sama, melalui pameran ini bermaksud menyampaikan gagasan tentang keindahan, bentuk tubuh dan cerita mengenai penerimaan diri dalam medium yang berbeda. Jozz Felix akan memamerkan karyanya sebanyak 15 foto dan karya mural berisi tulisan kutipan dari buku “Bicara Tubuh”.

Ucita memiliki cara yang unik untuk mengekspresikan pandangannya. Sebagai seorang blogger dan juga beauty enthusiast, ia menuangkan isi hati dan pemikirannya melalui tulisan bergaya puitis. Sementara itu, Jozz . Felix sebagai fotografer, mengabadikan bagian-bagian tubuh perempuan dari sisi yang eksotis dan istimewa dengan hasil foto yang ditampilkan orisinil foto tanpa bermain digitasi ataupun touch up. Eksplorasi “low key photography” merupakan salah satu kekuatannya dan karya yang ditampilkan memiliki jiwa dari gambar-gambar yang diambil.

Ucita Pohan mengatakan. “Disadari atau tidak, tubuh selama ini menjadi bagian dari diri dan perjalanan hidup setiap manusia. “Bicara Tubuh” bukan sekedar pameran seni ataupun sebuah buku berisi tulisan dan foto mengenai bagian tubuh manusia.

Namun, mengajak penikmat karya untuk lebih mengapresiasi tubuh. Tidak hanya sekedar hidup di dalamnya tetapi juga ‘berkawan’ dengannya”.

Artspace Artotel Thamrin Jakarta

Foto-foto karya Jozz yang terdapat dalam pameran dan buku memiliki makna dan pesan tersendiri. Menghadirkan perempuan-perempuan dengan karakter fisik yang berbeda. Menceritakan keberagaman bentuk bagian tubuh. Beberapa nama yang terlibat di antaranya adalah Shareefa Daanish, Shafira Umm, Aditira, Andra Alodita, Nadya Putriani dan Jajang C Noer. Buku Bicara Tubuh sendiri diterbitkan dan distribusikan oleh Gramedia Pustaka Utama dan sudah dapat dipesan Iebih awal melalui www.bukabuku.com di hari peluncurannya.

“Melalui pameran “Bicara Tubuh”, kami ingin menunjukkan bahwa seni tidak harus sebuah karya lukis ataupun sclupture, namun seorang penulis dan fotografer juga dapat berkarya dan melakukan pameran. Artotel Thamrin – Jakarta tidak hanya menjadi tempat menginap, tetapi juga sebagai tempat berkumpul para seniman dalam mengeskplorasi karya seni”papar Dicky Panjaitan, Operation Manager Artotel Thamrin .

Artotel Thamrin adalah salah satu hotel yang terletak di pusat bisnis kota Jakarta, dengan desain yang terinspirasi dari seni, baik karya seni rupa, seni patung, hingga fotografi yang menampilkan karya asli para seniman kontemporer lokal Indonesia.

Dibuka pada17 Oktober 2013, hotel ini bekerjasama dengan 6 seniman berbakat Indonesia yang karya seninya ditampilkan disetiap lantai ARTOTEL Thamrin – Jakarta dengan konsep, desain, dan gaya yang berbeda. Hotel ini dirancang dengan teliti dari fasad hingga interior ruang untuk menghasilkan desain yang berbeda dan pengalaman menginap yang berkesan ala Artotel.

Beberapa hasil karya foto yang dipamerkan dalam Artspace Artotel lantai 2 Jakarta. /Foto : Beng

“ Artotel  juga memandang kreatifitas seni perlu di angkat sebagai wadah tumbuh kembang dan interaksi para pelaku seni berbagai aliran karya seni, untuk meningkatkan kreatifitas dan menjadi sarana interaksi pelaku dan peminat seni, Aertotel selalu menampilkan acara pameran seni sebagai program khusus reguler perbulannya,” ujar Ratu Triamarshida , Assistant Marketing Communications Manager Artotel Thamrin Jakarta (13/11/2018) disela sela acara pembukaan pameran seni “Bahasa Tubuh”.

Ucita Pohan dan Felix Jozz .

Ucita Pohan telah berkarir selama 10 tahun di media; sebagai penyiar radio, editor majalah dan pembawa acara. Lahir dan besar di Jakarta, Ucita kerap membahas topik seputar mode, kecantikan, dan gaya hidup lewat berbagai medium. Mulai dari program radio Fun Fearless Female di Cosmopolitan FM, berbagi di akun instagram @uchiet, hingga melalui cara yang lebih unik. Salah satunya adalah pameran karya lukis dengan kosmetik; Beauty on Canvas pada bulan April 2018. la masuk dalam daftar “18 Southeast Asian Instagram lnfluencers You Should Follow” huffingtonpost.com, menerima penghargaan sebagai “Inspiring Woman in Technology and Photography” dari Astalift Beauty Fest 2017, dan dinominasikan sebagai “Female Star Style of The Year” oleh Zalora Style Awards 2018.

Jozz Felix memulai karir fotografinya sejak 2013. Kedekatannya dengan dunia musik membawa Jozz berkesempatan mejadi fotografer resmi berbagai pertunjukan musisi seperti Glenn Fredly, Trio Lestari, dan Maruli Tampubolon hingga ditunjuk menjadi fotografer resmi “Celine Dion Jakarta Live 2018”. Di ranah sinematografi, Jozz juga mengeksplorasi “still photography” dalam film Filosofi Kopi 2 dan Foxtrot Six. Jozz juga telah dipercaya untuk proyek fotografi komersial berbagai perusahaan besar. Minatnya terhadap “portrait photography” hitam putih membuatnya berhasil menggelar beberapa pameran diantaranya, “Ekspresi Lirik”, “Filosofi Kopi 2”, “Tanda Mata Glenn Fredly untuk Slank”, “Tanda Mata Glenn Fredly untuk Yovie Widianto”, dan “Expression” 99th Years of Pentax. (JKST/Beng Aryanto)

 

 

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.