Bekko.id Inovasi Untuk  Sistem Manajemen UMKM Indonesia

0
171
Bekko.id. terobosan inovasi bagi pelaku UMKM mengelola usahanya / Foto : Beng, & Ayu 41

Jakartasatu.com – Perkembangan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) terus mengalami perkembangan dari tahun ketahunnya. Tahun 2017 jumlah pengusaha UMKM di Indonesia tercatat sebanyak 62.922.617 unit usaha dengan persentase  98 % nya merupakan usaha mikro, 1,2% usaha kecil dan 0,09% nya usaha menengah. Data Badan Pusat Statistik memperlihatkan, pasca krisis ekonomi tahun 1997-1998 jumlah UMKM  justru terus meningkat, bahkan mampu menyerap 120 juta tenaga kerja sampai tahun 2017. Fakta tersebut membuktikan UMKM sangat potensial dan menyokong ekonomi Indonesia.

Sumbangan UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) di tahun 2017 mencapai Rp 7.704 triliun atau 60% dari nilai PDB yang dimiliki negara Indonesia. sebuah capaian yang cukup besar dan signifikan bagi pendapatan nasioanal .

Sektor UMKM  tidak hanya tumbuh dikota kota besar tetapi juga tumbuh dan merambah pada perekonomian di pedesaan karena banyaknya SDM dan bahan baku di pedesaan. Pertumbuhan ini sering tidak disertai dengan akuntabilitas dan kemampuan manajemen yang memadai, sehingga faktor-faktor tersebut masih menjadi kendala bagi UMKM untuk berhasil.

“ Untuk itu perlu dipikirkan dan diciptakan sebuah inovasi dalam membangun hal tersebut,”papar Aditya Suropati, Founder (pencetus) aplikasi teknologi berbasis ICT dengan nama bekko.id.

Sistem dan teknologi yang ditawarkan lewat aplikasi Bekko.id memikirkan berbagai aspek yang harus diperhatikan untuk membuat bisnis UMKM tercipta pencapaian targetnya, terutama untuk mendapatkan bantuan finansial yang substansial dari perbankan atau lembaga permodalan lainnya.

Bekko.id merupakan sebuah Aplikasi Pintar yang memberikan solusi spesifik dalam memperbaiki system akuntansi, pencatatan transaksi dan pembukuan, manajemen sumber daya manusia, persediaan dan penjualan barang.

Aplikasi ini hadir agar pelaku UMKM dapat menghemat waktu, tidak repot merencanakan tata kelola usahanya, serta memberi berbagai kemudahan lainnya lewat fitur fitur yang disajikan  aplikasi android dan gadget.

Bekko.id diharapkan menjadi sebuah solusi guna mengoptimalkan usaha UMKM dengan memberikan modul aplikasi menyeluruh, seperti: ERP (Enterprise Resource Planning)  sebuah sistem yang focus dalam perencanaan, analisis sumberdaya perusahaan seperti: Akuntansi, Finansial, Sumber Daya Manusia (SDM), Rantai Suplai, dan beberapa aspek lainnya. ERP merupakan sistem  yang menggabungkan dan merangkum proses bisnis agar  lebih efektif.

Di dalam sistem aplikasi bekko.id pun dapat memantau persediaan suatu barang yang akan dijual dalam memenuhi kebutuhan produksi barang untuk dijual kembali. Accounting System (system akuntansi) secara otomatis menyusun pencatatan  laporan rinci keuangan tiap bulannya, dimana user atau pengguna aplikasi ini tanpa harus memiliki pengetahuan khusus sistem akuntansi dan pembukuan. Bekko.id nantinya diharapkan menjadi teman baik dalam menjalani usaha UMKM agar terus maju mencapai kesuksesan usaha. (JKST/Beng Aryanto)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.