JAKARTASATU.COM – PT Mahakam Gerbang Raja Migas (MGRM) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara digadang-gadang menjadi sumber pendapatan bagi Kabupaten Kutai Kertanegara. Apalagi, setelah dilakukan Project Kick Off Tangki Timbun dan Terminal BBM Kecamatan Samboja yang akan dilaksanakan PT MGRM (Perseroda). 

Kick Off project tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatanganan kerjasama investasi oleh Direktur Utama PT MGRM, DR Iwan Ratman dengan Direktur PT Shandong Asah Internasional Trading Co. Ltd Agustinus Himawan. Serta penandatanganan perjanjian Kontrak EPC dengan PT Dewata Makmur bersama, Bramanda, dan penandatanganan perjanjian kontrak denga konsultan AMDAL Undip Prof Dr Ir Tutuk Joko Kusworo. Penandatanganan kerjasama tersebut disaksikan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Kutai Kertanegara, H Sunggono.

“Total investasi dari Proyek Tangki Timbun dan Terminal BBM tersebut senilai Rp. 600 M, saat ini, proses dan Tahapan awal proyek sudah dan sedang berjalan dan diharapkan dalam waktu 15 bulan ke depan, diharapkan proyek telah selesai dan dapat segera beroperasi,” ujar Direktur Utama PT MGRM  Dr Iwan Ratman dalam rilisnya yang diterima Redaksi (Sabtu, 22/03/19)

Iwan menjelaskan, pengerjaan Proyek Tangki Timbun dan Terminal BBM di Kecamatan Samboja, Kutai Kertanegara, yang dikerjakan PT MGRM akan menjadi bagian untuk memperkuat ketahanan energi di Kalimantan Timur khususnya.

PT MGRM Kukar yang diresmikan Oktober 2018 lalu mempunyai visi dan misi mengelola partisipasi daerah penghasil atau participating interest (PI) 10 persen di Blok Mahakam juga blok teminasi di seperti WK Sanga-sanga, Eastkal, Attaka dan lainnya.

Visi dan misi PT MGRM bukan hanya mengelola 10 persen itu, tapi juga mempunyai visi yang berbeda dengan BUMD lain. PT MGRM mempunyai misi menjadi BUMD mesin pencetak uang bagi Kukar.

Jadi, lanjut dia, visi dan misi bisa dilaksanakan, apa yang akan didapat dari PT MGRM nantinya memberikan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) ke Kabupaten Kukar. Sala satu upaya yang dilakukan, yaitu dengan Project Kick Off Tangki Timbun dan Terminal BBM Kecamatan Samboja, yang akan dilaksanakan PT MGRM Kukar.

“Bagaimana mencetak uangnya, bagaimana membuat mesinnya, itu yang sekarang PT Mahakam Gerbang Raja Migas buat melalui program-program yang terencana dan terukur,” pungkas ahli migas ini yakin. |k/red