Dekopin Ajak Gerakan Koperasi Migrasi ke Revolusi Industri 4.0

0
86

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) merapatkan barisan mengajak seluruh jajarannya berpikir maju dan melangkah ke era milenial. Yakni memanfaatkan teknologi terkini, agar tetap mampu selaras dengan kemajuan jaman. Bila tidak akan ketinggalan dan tergerus peradaban. Sementara pihak-pihsk lain sudah enjoy di jalur industri 4.0

“Suka tidak suka revolusi industri 4.0 sudah hadir di tengah-tengah kita. Kita pun harus ikut di dalamnya. Kalau tidak kita akan ketinggalan peradaban dengan era milenial ini. Untuk itu, era ini juga harus dilakukan oleh koperasi dan gerakan koperasi,” ujar Mohamad Sukri, Sekjen Dekopin.

Hal tersebut diungkapkanya saat berlangsungnya acara Dekopin dalam Rapat Koordinasi dan Singkronisi (Rakornis) Program Kesekretariatan Dekopinwil, di Salak Pajajaran Hotel, Bogor, Selasa, (30/4).

Sukri menambahkan, untuk melangkah ke arah kemajuan, gerakan koperasi minimalnya harus mengikuti alur organisasi yang bagus dan tertib organisasi. Yakni masing-masing tingkatan mempunyai standar prosedur operasional atau SOP. Dan SOP itu harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Konsekuensinya kata Sukri, para pelaksana struktural organisasi harus membuat job dedcription.

Jika panduan untuk melaksanakan tugas itu makin jelas maka makin mudah diikuti, sehingga hasilnya akan optimal.
“Baik SOP maupun job dedcription ini penting, baik di pusat maupun wilayah atau daerah supaya lebih produktif. Demikian soal jobdis juga disesuaikan sehingga hasil kerja organisasi juga maksimal,’ tandasnya lagi.

Untuk menjembatani ke arah sana, kini Dekopin membuat web yang dikelola kesekjenan Dekopin dengan durasi kerja 24 jam. Tanpa mengganggu atau bertabrakan dengan yang dikelola BP-PIP yang berperan sebagai Humas dan penyampai informasi-informasi berita aktual oleh pipnews.co.id.

“Untuk yang PIP itu untuk yang komersial dan ada unsur bisnisnya. Sedangkan web Dekopin khusus hanya melayani informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat perkoperasian. Misalnya soal RUU Koperasi kita sampaikan kepada publik tentang kandungan isinya, baik bertahap maupun menyeluruh,’ paparnya.

Sukri juga mengungkapkan kalau di bawah Dekopin sudah memiliki sarana audio visual, yakni PIP-TV. “Meskipun masih melalui jaringan YouTube, kita sudah punya TV, yaitu PIP-TV. Seperti acara ini juga sudah bisa ditonton di seluruh dunia karena sudah di live streaming,’ jelasnya lagi.

Rakornis yang berlangsung hingga 2 Mei ini akan membahas banyak hal. Dengan tujuan besarnya adalah menjadikan Dekopin organisasi yang solid dan mampu maju mengikuti perkembangan jaman.

Karenanya dari ke 34 utusan Dekopinwil seluruh Indonesia diharapkan serius menyimak dan musyawarah untuk memutuskan yang terbaik dan dilaksanakan dengan baik pula.

Rakornis tersebut dibuka Deputi Bidang Kelembagaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Prof Rully Indrawan dan dihadiri Ketua Harian Dekopin, DR Agung Sudjatmoko. |SE/PRB

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.