Sebuah peresmian yang mengharukan. Masuk ke ruang serah terima itu, air terlihat mengembang di begitu banyak mata. Hampir semua mata jadi berkaca menyaksikan deretan pasangan suami-istri di meja akad kredit dan di meja serah terima kunci rumah.

Anak-anaknya mengitari kursi ayah-ibunya. Ikut melihat. Ikut datang juga kakek-nenek, saudara-saudaranya. Mereka semua mengantar, ingin ikut lihat, ikut bahagia: akhirnya punya rumah.

Mimpi itu jadi kenyataan. Tidak numpang lagi, tidak ngontrak lagi. Kini punya hunian sendiri. Untuk pertama kali dalam hidupnya mereka bisa berstatus: pemilik rumah.

Tommi namanya, seorang pengemudi bus. Dia sudah 8 tahun mengontrak sepetak rumah bersama istri dan anak-anaknya. Tiap bulan ia bayar kontrak Rp 1 juta, kini ia punya hunian sendiri cukup dengan mengangsur Rp 1,3 juta per bulan. Ada pasangan tuna netra, tak pernah membayangkan bisa punya rumah sendiri. Tak cukup tempat utk semua diceritakan. Berderet kisah seperti itu. Mereka sebenarnya mampu untuk nyicil bulanan, tapi tak punya tabungan untuk bayar uang muka (DP). Program DP 0 Rupiah jadi solusi untuk mereka.

Pagi itu suasanya beda dengan peresmian program lainnya. Kali ini tatap mata, jabat erat dan pelukan hangat mengalir tanpa henti. Seorang nenek menyerobot kerumunan hanya untuk berjabat erat dan bilang dengan terbata-bata, mengalir butiran air dari matanya, “Pak, alhamdulillah, anak saya sekarang punya rumah. Alhamdulillah Pak, Alhamdulillah Pak.”

Itulah kebahagian, itulah syukurnya seorang Ibu menyaksikan anaknya insyaAllah bisa hidup lebih baik.

Ya, Pagi itu jadi sebuah kebahagian sendiri. Tiada henti bersyukur pada Allah, Sang Maha Mengatur, sebuah rencana telah jadi kenyataan. Kami bahagia, bukan sekadar karena terlaksananya sebuah program, tapi bahagia dan haru menyaksikan hidup keluarga-keluarga itu berubah: kini jadi pemilik rumah.

Program DP 0 Rupiah telah jadi kenyataan. Solusi Rumah Warga disingkat Samawa telah terlaksana. Di rumah barunya, di Menara Samawa ini, insyaAllah, keluarga-keluarga akan tumbuh menjadi keluarga bahagia, amin …. #ABW