BASIS PEMILIH JOKOWI MINTA MENTERI KOPERASI-NYA YANG PROFESIONAL

0
871
Bersama Ariel Guarco Presiden ICA (International Cooperative Aliance), Balasubramanian Iyer (Director ICA Asia Pacifik), Ilham Nasai (Direktur Luar Negeri DEKOPIN)

JAKARTASATU –  Sekjen Dekopin Pusat Mohamad Sukri dinilai layak masuk dalam bursa calon menteri dari kalangan aktivis dan akademisi bidang Koperasi pada kabinet periode kedua Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Pak Mohamad Sukri secara informal selalu membimbing, mengarahkan dan memberikan strategi tentang Koperasi kepada kami. Dia tokoh Koperasi saat ini sehingga layak untuk bergabung di Kabinet Jokowi sebagai menteri Koperasi,” kata H. Subhan Anshori Pengurus Harian yang juga ketua Umum FORUM KERJASAMA KOPERASI PONDOK PESANTREN (FOKER KOPONTREN) pada Selasa, 10 September 2019 kepada redaksi.

Satu berkas ajuan INKOPONTREN ini disampaikan ke Presiden bernomor 0127/FOK-JTM/A/VIII/2019 dimana surat ini berbunyi poin penting sebagai berikut:

Mengucapkan Selamat atas terpilih kembalinya Bapak Ir. Joko Widodo sebagai Presiden RI bersama Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019 – 2024.

Kemenangan Pilpres di Jawa Timur pasangan Jokowi Ma’ruf sangat berkontribusi wabil khusus pada basis masyarakat pemilih disekitar Koperasi Pondok Pesantren, Harapannya Yang Mulia Bapak Jokowi selaku Presiden mendatang, dapat kira mempertimbangkan hak prerogative untuk susunan kabinetnya dari kalangan Koperasi Pondok Pesantren sebagai Menteri Koperasi UKM RI periode 2019 – 2024.

Dasar pertimbangan permohonan pada poin 2 adalah, Pembangunan Pengembangan Koperasi sebagai basis ekonomi kerakyatan yang diamanatkan Konstitusi RI, haruslah oleh Ahlinya, yang berlatar belakang professional/ berpengalaman, berpendidikan Koperasi, telah teruji kompetensi nya pada pembangunan koperasi di Indonesia.

Dengan mempertimbangkan poin 2 dan poin 3 diatas, maka dengan mengucapkan Bismillahirohmanirrohim FOKER KOPPONTREN Jawa Timur mengusulkan Drs. H. Mohamad Sukri, MM Ketua Umum INKOPONTREN (Induk Koperasi Pondok Pesantren sebagai Calon Menteri Koperasi & UKM RI 2019 – 2024, dengan mempertimbangkan :
Mohammad Sukri telah 36 tahun mengabdikan diri sebagai Ketua Koperasi disemua tingkatan (Primer, Pusat/ Gabungan dan Induk Koperasi) bahkan hingga kini selain memperoleh amanah sebagai KETUM INKOPONTREN, juga sebagai Wakil Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia), Pengawas YPK IKOPIN (Institut Koperasi Indonesia) Jatinangor.

“Ia juga berpendidikan Sarjana Koperasi (Drs), Paska Sarjana (MM) Koperasi dan tengah menuntaskan Program Doktor nya tentang EKONOMI KONSTITUSI,” bekal ini penting katanya.

Ditambahkannya Berkiprah di Gerakan Koperasi Internasional baik di ICA (International Coopertive Aliance) Global maupun tingkat Asia Pasifik (ICA AP). Demikian kesungguhan hati kami mengharapkan agar Menteri Koperasi & UKM RI dari kalangan Koperasi Pondok Pesantren pada Yang Mulia Bapak Ir. H. Joko Widodo yang berwenang gunakan hak prerogativenya menetapkan Drs. H. Mohamad Sukri, MM.

“Karena sejatinya Koperasi adalah Amanat Konstitusi, merupakan kunci Pembangunan Ekonomi Negeri, mestinya diserahkan sama Ahli bukan Politisi,” bebernya.

Banyak strategi komunikasi koperasi yang dilakukan M Sukri yang Kopontren terutama dikalangan NU di pondok-pondok mereka dan merasa diberikan inspirasi agar selalu optimis dalam koperasi.

Bagi Kopontren nama Mohamad Sukri tak asing lagi karena telah mengangkat nama harus Koperasi Pesantren peninggalan keluarga besar NU dan ini warisan Wahid Hasyim.

“Sudah saatnya dukungan Kopontren ambil bagian dukung masuknya M Sukri pada Kabinet Jokowi mendatang dan kami sudah meinta dukungan ribuan koperasi di Jatim mendukung Mohammad Sukri,” harapnya. |RN/JKST

Comments

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.