Peserta jalan gembira memeriahkan Festival Kampung Berseri Astra Kesehatan di Tanjung Binga, Bangka Belitung (23/11).
Peserta jalan gembira memeriahkan Festival Kampung Berseri Astra Kesehatan di Tanjung Binga, Bangka Belitung (23/11).

JAKARTASATU.COM – BANGKA BELITUNG: Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November 2019, Astra mengadakan Festival Kampung Berseri Astra (KBA) Kesehatan di Tanjung Binga, Bangka Belitung (23/11).

Festival ini untuk pertama kalinya diadakan di daerah tersebut sejak ditetapkan sebagai Kampung Berseri Astra pada tahun 2017.

Rangkaian Festival KBA Kesehatan ini diadakan selama delapan hari sejak 16 November hingga 23 November 2019 kemarin.

Puncak dari kegiatan ini diisi dengan penandatanganan kerjasama antara Astra dan Badan Narkotika Nasional (BNN) serta Astra dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai bentuk wujud nyata aksi kesehatan yang dilakukan oleh Astra.

Berbagai aksi kesehatan yang melibatkan warga dan pemerintah daerah setempat lainnya juga diadakan dalam Festival KBA ini diantaranya pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan Astra (AORTA) Tanjung Binga, kunjungan pos pelayanan terpadu dan apresiasi
balita sehat, Penyuluhan Gizi dan pelatihan iPosyandu digital se-Belitung yang dihadiri 177 kader perwakilan posyandu se-Belitung, jalan sehat bahagia, fun bike hingga festival kuliner laut.

Festival KBA Kesehatan Tanjung Binga dihadiri oleh Deputy Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Deputi BNN Anjan Pramuka Putra dan ratusan peserta.

“Kesehatan merupakan salah satu pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra. Pengembangan pilar kesehatan dalam KBA diharapkan dapat memberikan kontribusi yang postif bagimasyarakat dalam suatu kampung bahkan desa. Ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Pongki Pamungkas.

Belitung menjadi kota kelima pelaksanaan Festival KBA dan merupakan kota terakhir pada tahun ini setelah sebelumnya dilaksanakan di Solok, Pulau Pramuka, Batu dan Pontianak.

Sebagai daerah yang memiliki mayoritas profesi nelayan, Kampung Berseri Astra (KBA) Tanjung Binga, Belitung merupakan salah satu Kampung Binaan dengan julukan “Kampung Nelayan” yang merupakan penghasil ikan terbanyak di Bangka Belitung.

Kampung Berseri Astra merupakan wujud nyata kontribusi sosial berkelanjutan Astra untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi empat pilar kontribusi sosial berkelanjutan.

Sejalan dengan arahan pemerintah untuk mewujudkan desa maju, mandiri dan sejahtera, Grup Astra kini memiliki 86 Kampung Berseri Astra yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia
dan juga 645 Desa Sejahtera Astra. (WAW).