Sejumlah Mobil Terperosok Proyek Galian di Wilayah DKI Jakarta, Butuh Perhatian Anies?

0
527

JAKARTASATU.COM – Sejumlah kendaraan roda empat terperosok ke dalam lubang proyek galian yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Seperti yang dilansir kompas dotcom 25/11/2019) kemarin, sebuah mobil Daihatsu Xenia B 1249 UIY telah terperosok ke dalam galian lubang proyek di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Kamis (21/11/2019), malah ada dua kendaraan, yakni truk fuso dan Daihatsu Calya yang juga terperosok pada lubang galian proyek di tempat berbeda yaitu Jalan Raya Centex, Ciracas, Jakarta Timur.

Terkait beberapa kejadian kecelakaan tersebut, seperti yang dikutip kompas dotcom (29/11/2019), pengamat transportasi, Azaz Tigor Nainggolan menilai, memang sejumlah proyek galian di beberapa ruas jalanan Jakarta disinyalir tidak memenuhi standar keamanan untuk pengendara kendaraan bermotor.

Tigor menyebut terdapat beberapa titik proyek galian di sejumlah jalan seperti Jalan DI Panjaitan, Jalan Dewi Sartika, Jalan Otista, dan lainnya yang tidak memenuhi standar keamanan.

Pasalnya, titik galian itu ada yang hanya terbuka, hanya diberi batas papan kayu atau karung pasir semata. Karenanya terjadilah kecelakaan seperti di atas.

“Banyak kan lubang-lubang bangunan di Jakarta tuh yang ditelantarkan begitu saja, pengamanannya tidak beres. Makannya supaya ada perubahan, polisi harus memeriksa semua, memanggil semua kontraktor tuh sama Pemprov,” saran Tigor seperti yang dikutip kompas dotcom (29/11/2019).

Lebih lanjut Tigor menilai Pemprov DKI Jakarta kurang melakukan pengawasan atas proyek galian di jalanan.

Semoga saja kejadian kecelakaan di atas segera menjadi perhatian Pemprov DKI Jakarta dan mendapatkan perhatian yang semestinya sebelum korban-korban yang berjatuhan bertambah kembali. (WAW).

 

Facebook Comments