Metamorfosa Terowongan Kendal, Festival Jakarta Berlin Jadi Ajang Pembuktian

0
338
Jakarta Berlin Festival Digelar di Terowongan Kendal - Sumber Foto: ist.
Jakarta Berlin Festival Digelar di Terowongan Kendal - Sumber Foto: ist.

JAKARTASATU.COM – Terowongan Kendal Jakarta dikenal masyarakat kota Jakarta sebagai daerah kemacetan kendaraan transportasi. Namun seperti disulap, lokasi itu kini telah berubah menjadi kawasan pejalan kaki 100 persen dan pusat kesenian.

“Di sini ada mural rutin, ada kegiatan musik. Jadi kita ingin memulai ruang terbuka untuk kegiatan masyarakat senior, ada interaksi di situ, ada kota yang hidup dan yang sekarang kita rayakan hari ini. Oh begini, teman-teman datang ke kampung-kampung tontonan kampung-kampung dengan modal mural, “jelas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan keadaannya sekarang.

Seraya memamerkan situasi Terowongan Kendal sekarang, tak lupa Anies menjelaskan DKI akan membangun lebih banyak ruang terbuka senior yang disukai Terowongan Kendal yang sekarang.

“Kita akan bangun banyak tempat seperti ini, terutama di tempat orang berjalan kaki, dengan begitu berjalan kaki mereka menikmati jalan yang berbeda di kota ini,” jelas Anies.

Jakarta Berlin Festival Digelar di Terowongan Kendal - Sumber Foto: ist.
Jakarta Berlin Festival Digelar di Terowongan Kendal – Sumber Foto: ist.

Caranya menurut Anies, nanti Wali kota, mulai 2020 akan ditugaskan untuk membuat banyak mural seperti di Terowongan Kendal tersebut.

“Ada beberapa titik, para kota wali di semua wilayah itu menentukan dan 2020 itu akan dikerjakan untuk mural yang masif, jadi para wali kota mendapat tugas untuk menentukan tempat-tempat sekarang,” tegasnya menandaskan.

Metamorfosa Terowongan Kendal dari lokasi kemacetan menjadi kawasan pejalan kaki dan pusat seni ini semakin ditegaskan dengan digelarnya “Jakarta-Berlin Festival” pada Sabtu (30/11/2019) petang kemarin.

Sore itu Terowongan Kendal membagikan lampu hias warna-warni yang artisitk dan indah. Ditambah alunan musik band dan dilengkapi sajian kuliner khas Jakarta dan Berlin membuat Terowongan Kendal sakit itu begitu semarak dan mengasyikkan.

Salah satu yang benar-benar menarik perhatian masyarakat adalah kolaborasi senior antara seniman Jerman Snyder dan seniman mural Indonesia Darbotz.

“Jadi tahun ini kita memperingati 25 tahun kota saudara Jakarta-Berlin. Sejak awal tahun kita banyak kegiatan bersama, lalu setiap hari ini kita baru saja Jakarta Berlin festival seni, ada festival seni pertunjukan, ada juga kuliner, jadi perubahan seni budaya dari 2 kota disetujui di di sini tempat di terowongan jalan Kendal, “jelas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan acara yang digelar.

Semoga apa yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta bisa lebih cepat menjadi kenyataan, jadi Jakarta semakin ramah pejalan kaki dan jadi pusat senior yang menggairahkan. ( WAW )

Facebook Comments