Papan Reklame Roboh Bikin Kacau Lalin, Belum Diketahui Siapa Pemiliknya?

0
231
Sebuah Papan Reklame (Billboard) Roboh di Jalan Raya Macetkan Lalu lintas - Sumber Foto: detikcom (1/12/2019)

JAKARTASATU.COM – Sebuah papan reklame (billboard) roboh di di lokasi, depan Rumah Sakit JMC, Jl Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan, Minggu (1/12/2019), pukul 20.15 WIB.

Akibatnya lalu lintas pun macet karena arus jalan ke arah Ragunan terhalang rongsokan tiang dan papan reklame yang teronggok melintang di tengah jalan.

Salah satu yang terhalang adalah jalur busway. Karena itu, jalur TransJakarta dari arah Warung Buncit ke Ragunan diberlakukan contraflow.

Proses Evakuasi Papan Reklame yang Roboh Berlangsung Cukup Lama – Sumber Foto: detikcom (1/12/2019)

“Untuk arah Ragunan selepas Warung Jati masih ditutup (masih proses pemotongan besi besi baliho) TransJakarta dilakukan contraflow,” jelas Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas, Nadia Diposanjoyo, kepada para kuli tinta, Minggu (1/12/2019).

Adapun untuk arah sebaliknya, yaitu jalur TransJakarta arah menuju Dukuh Atas diberlakukan jalur normal namun bergerak bergantian.

Proses Evakuasi Mendatangkan Alat Berat – Sumber Foto: detikcom (1/12/2019)

Nadia menjelaskan, tidak ada pengalihan rute TransJakarta untuk ke arah Ragunan. Namun bus jadi tersendat dan terpaksa antre untuk bergantian contraflow.

“Untuk TransJakarta arah Dukuh Atas/Monas normal bergantian. (Bus) Tertahan saja antre. Jadi terlambat sampai halte yang dilewati,” papar Nadia.

Untungnya, meskipun rubuhnya papan reklame ini juga menimpa mobil dan motor, namun polisi memastikan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

“Korban jiwa nggak (ada), yang jelas ada korban mobil Innova tertimpa tapi nggak parah, selamat. Motor pun juga. Satu Kijang Innova, sudah ke Polsek,” jelas seorang anggota Polsek Pancoran, Aiptu Sarjimin, kepada jurnalis yang ada di lokasi, Minggu (1/12/2019).

Proses evakuasi bangkai papan reklame ini membutuhkan waktu lebih dari tiga jam. Sebuah crane dikerahkan untuk mengangkat material baliho yang roboh.

Proses evakuasi papan reklame yang jatuh jadi tontonan masyarakat - Sumber Foto: detikcom (1/12/2019)Mendengar kejadian tersebut, Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali menyempatkan diri datang ke lokasi. Ia menyatakan bahwa kehadiran dirinya di lokasi tersebut karena ingin memastikan semua petugas bekerja cepat.

“Saya cuma memastikan teman teman semua bekerja cepat, rupanya memang masih ada alat yang, alat berat yang lebih besar untuk bisa potong-potong reklame itu gitu. Jadi temen-temen udah berusaha, lagi berusaha,” jelasnya.

Sayangnya Wali Kota Matali menyatakan pihaknya belum mengetahui pemilik papan reklame tersebut. Hanya saja dia menduga reklame itu miliki pribadi.

“Lagi didalemin juga sama temen-temen di lapangan, kayaknya milik pribadi, tapi belum bisa saya kasih statement. Ada temen-temen di lapangan,” ujar Marullah berkelit ketika ditanyakan perihal tersebut.

Sebuah Papan Reklame (Billboard) Roboh di Jalan Raya Macetkan Lalu lintas – Sumber Foto: detikcom (1/12/2019)

Semoga saja siapa pemilik papan reklame yang membahayakan publik tersebut segera terungkap.

Bagaimana pun juga peran pemerintah daerah terkait data dan pengawasan keamanan papan reklame tersebut sangat diperlukan.

Ketidaktahuan pemda terkait pemilik sebuah papan reklame ini seharusnya cukup memalukan karena pajak untuk usaha ini terkenal ketat dan mahal. (WAW)

Facebook Comments