Aklamasi Untuk Airlangga, Jadi Nyali Berlaga di 2024?

0
477
Airlangga Hartanto Ketum Golkar / Ist

JAKARTASATU.COM – Akhirnya, Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar secara mufakat menyepakati untuk menetapkan ketum petahana Airlangga Hartanto sebagai ketua umum kembali untuk periode kedua 2019-2024 secara aklamasi.

Mekanisme aklamasi ini terjadi setelah 558 pemilik suara menerima laporan pertanggungjawaban yang diberikan dan mendukung penuh Airlangga untuk memimpin Partai Golkar periode 2019-2024 ke depan.
Tanpa berbelit-belit, usai melihat hasil tersebut, segera pimpinan sidang, Azis Syamsuddin menawarkan ke forum untuk menetapkan langsung Airlangga sebagai ketua umum terpilih.

“Sepakatkah untuk mempersingkat dan menetapkan (Airlangga) ketua umum Golkar?” tanya Azis di hadapan forum Munas di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

“Setuju!” lantang seluruh forum menjawab kompak.

Apa boleh buat, dengan kesepakatan tersebut, Ridwan Hisjam sebagai penantang terakhir Airlangga otomatis tersingkir setelah seluruh pemilik suara menyatakan mendukung kepada Airlangga.

Usai menetapkan Airlangga sebagai ketum, selanjutnya forum juga langsung mengusulkan Aburizal Bakrie sebagai Dewan Pembina, Akbar Tanjung Ketua Dewan Kehormatan, Agung Laksono sebagai Ketua Dewan Pakar, Jusuf Kalla dan Luhut Binsar Pandjaitan mendapat tempat kehormatan.

Lalu setelah berhasil menjadi ketum kembali apakah Airlangga akan dipastikan maju pada Pilpres 2024 mendatang?

Apalagi sebelumnya, sejumlah DPD I dan II telah mendorong Airlangga untuk mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

DPD menyatakan itu saat sesi pandangan umum rapat paripurna III Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar.

Adapun sejumlah daerah yang memberikan dukungan di antaranya DPD Papua Barat, DPD Bengkulu, DPD Maluku Utara, DPD Kalimantan Barat, DPD Sumatera Selatan, DPD Papua, DPD NTT, DPD Sulawesi Utara, DPD Jawa Barat, DPD Sumatera Utara, dan DPD Gorontalo.

Kita tunggu saja hasil rapat paripurna 7 yang digelar (5/12) sekarang (WAW).