Trump Sebut Tak Ada Batas Waktu Bagi Cina

0
137
Donald Trump /nbcnews.com

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan tidak ada batas waktu untuk menyelesaikan perundingan dagang dengan Cina, yang mengindikasikan pembicaraan akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Trump mengatakan kepada wartawan di London, pada Selasa (03/12/2019) bahwa ia “menyukai gagasan untuk menunggu”, hingga setelah pemilihan presiden AS pada tahun depan.

Dua negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia itu berupaya untuk mencapai kesepakatan “tahap satu”. Trump mengatakan pada akhir bulan lalu bahwa kedua negara sepakat “dalam tahap akhir.”

Namun, kedua negara masih berbeda pendapat mengenai permintaan Cina terhadap AS untuk mencabut sejumlah bea masuknya. Cina mengumumkan langkah balasan itu setelah Trump menandatangani peraturan HAM dan demokrasi di Hong Kong menjadi UU.

Amerika Serikat memperingatkan jika tidak ada kesepakatan yang dibuat pada 15 Desember, negara itu akan menerapkan bea masuk tambahan terhadap telepon pintar dan produk konsumen lainnya. Washington diyakini meminta konsesi Beijing. |NHK/RED

Facebook Comments