Plt Pengganti Dirut Garuda, Diduga Pernah Terlibat Poles Laporan Keuangan 2018?

0
1224
Fuad Rizal/Ist

JAKARTASATU.COM – Disinyalir kuat terlibat kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Airbus Neo baru Garuda, akhirnya Dirut I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara resmi dipecat oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

“Saya akan memberhentikan saudara Direktur Utama Garuda dan tentu proses ini ada prosedurnya,” ujar Erick di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/11/2019).

Merespon kasus dan keputusan yang dikeluarkan Erick tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya pun menanggapi bahwa pemecatan Ari Askhara tidak akan menganggu operasional maskapai penerbangan tersebut.

“Saya pikir (operasional Garuda )tidak (terganggu). Itu kan organisasi besar. Saya kira pak Erick (akan) menunjuk Plt. Saya lihat bahwa direksi Garuda sekarang, selain dirut, memiliki kapasitas yang baik,” ujar Budi di kantornya, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Lalu siapa pejabat Garuda yang ditunjuk menjadi Plt pengganti Ari Askhara tersebut?

Ternyata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Garuda Indonesia, Fuad Rizal lah yang akan menjadi pelaksana tugas (Plt) tersebut.

“Jadi sudah kami konfirmasi, Plt Dirut adalah Direktur Keuangan,” jelas Budi Karya kemudian di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Jika benar direktur keuangan yang ditunjuk, bukankah dia (FUAD RIZAL) merupakan salah satu pejabat utama yang bertanggung jawab pada poles laporan keuangan 2018 kemarin?

Apakah kasus sulap laporan keuangan yang harusnya rugi menjadi laba tersebut tak kalah memalukannya dibandingkan kasus penyelundupan Harley dan Brompton sekarang? Entahlah.

Sesuai yang dituliskan situs Garuda Indonesia, sebelum menjabat Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, Fuad Rizal pernah menjabat sebagai Vice President Treasury Management di maskapai penerbangan pelat merah ini.

Ia juga memiliki pengalaman di perbankan dengan jabatan terakhir sebagai Associate Director Standard Chartered Indonesia sebelum bergabung dengan Garuda Indonesia. Pria kelahiran Jakarta, 2 Januari 1978 ini merupakan lulusan SI Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB). |WAW

 

 

Facebook Comments