NGAK NYAMPE OTAK SAYA DENGAN KALIAN

0
245
Mardigu Wowiek Prasantyo

Oleh Mardigu Wowiek

Bisnis ke depan itu decoupling bisnis masa lampau atau saat ini. Decoupling adalah keterlepasan atau bukan merupakan kelanjutan bisnis masa lalu atau perubahan bentuk dari masalalu bermetamorphosis, bukan.

Bisnis ke depan bisnisnya bentukan baru. Dan banyak. Dalam 15 tahun kedepan ada banyak bisnis yang tumbuh dimana saat ini model bisnis itu belum ada. Bahkan ada yang memprediksi di tahun 2030, ada 40% jenis bisnis baru di masa itu, yang saat ini tidak di kenal sama sekali.

Bahkan TV di anggap bisnis jaman dinosaurus. Anak yang lahir di tahun 2030 ke atas, tidak kenal TV!!!!

Kita beri ilustrasi, NetTV modalnya triliunan, dengan penonton per hari di perkirakan 1 juta pemirsa. Bandingkan dengan rafi gigi di youtube yang per hari penontonnya 5 juta modalnya tidak lebih 1 milyar.

Apa ngak bubrah itu dunia TV ke depannya. Bayangkan ditambah lagi kalau 5 G yang sudah mulai di pasarkan di dunia saat ini, tahun 2021 di perkirakan 50% gadget dunia adalah 5G, dimana speed nya 10 kali lebih cepat dari 4G, 5G ber basis satelit bisa mencover luar area tidak ada “blank spot” dimana mana dan cepat. Bisa bisa telkom dan telkomsel di tahun 2022 tinggal separuh omzetnya karena kita pakai 5G negara lain lebih murah.

Maka youtuber menjadi new content, dan youtube menjadi NEW TV!!!

Anak anak generasi Z yang di sebut generasi digital murni ini adalah generasi hyper connected. Di tahun 2030 mereka merupakan 25% angkatan kerja. Dan ini punya gaya bisnis baru.di tahun 2045 ketika indonesia emas, 100 tahun indenesia emas, anak jaman Z merupakan 75% angkatan kerja produktif. Dan 40% generasi milenial menguasai ekonomi 80% world wealth di tahun 2045.

Apa yangterjadi di dunia pendidikan? Pendidikan akan jadi digital. Guru akan tinggal separuh jumlahnya di tahun 2030 di banding jumlah guru saat ini. Sekolah akan jadi sarana untuk ketrampilan sosial, akhlak dan project base ( prakarya dan inovasi).

Ilmu serta informasi semua di gadget, di platform pendidikan yang akan segera muncul, di setiap disiplin ilmu dan level.
Sekedar pengingat masalah banyakanya profesi yang hilang, tahun 10 tahun yang lalu, 2010 an, pilot helicopter plus kameraman, merupakan pekerjaan dari puluhan ribu orang di seluruh dunia, saat ini, nganggur semua. Alih profesi atau alih bidang, tidak lagi ambil kamera lewat udara karena drone.

Drone mulai mengambil alih jatah gofood dan supir ojol deliver di tahun 2025. Driverless car akan mengurangi jumlah supir bis & angkutan umum hingga 50%, 10 tahun dari sekarang.

Jadi apa yang harus di lakukan untuk generasi muda sekarang? Mulailah kuasai digital, IT, IOT, AI dan ciptakan sistem baru yang berhubungan dengan membuat hidup lebih mudah.

Dan untuk saya yang generasi X, saya harus belajar dengan generasi milenial dan Z. Ngak nyandak otak saya dengan kalian. Salut!!! #peace
[14:42, 12/9/2019] Aendra Medita MMG: Hehehehe sontoloyo

Facebook Comments