Rizal Bawazier: Pemimpin Harus Punya Solusi Kompleksitas Masalah

0
359
Rizal Bawazier/AEM-JAKSAT

JAKARTASATU.COM — Pengusaha dan juga pengamat masalah sosial, Rizal Bawazier mengatakan bahwa menjadi pemimpin harus memiliki solusi  dalam kompleksitas permasalahan.

“Di Jakarta ini yang memiliki berbagai kompleksitas permasalahan yang tentunya membutuhkan penanganan yang baik dari apalagi kepala daerahnya selaku pemimpin,” ujar Rizal kepada Redaksi di kawasan Kuningan Jakarta Selatan sore (13/12/2019).

Menurut dia tidak mudah memang, tapi itulah tanggung jawab yang harus diemban kepala daerah apalagi di Jakarta dan harus terus menjadi lebih baik.

Sejarah telah mencatat, model kepemimpinan kepala daerah seperti apa yang mampu
memberi warna baru pada kemajuan kota Jakarta.

“Kita sama-sama sepakat, bahwa dengan gaya kepemimpinan yang tegaslah kita dapat berharap banyak atas perubahan yang terjadi.

“Memang Kepala Daerah, khususnya Jakarta mempunyai tanggung-jawab yang harus diemban, mampu dan berani hapus pungli, kurangi angka kemiskinan, ubah kawasan kumuh jadi kawasan dengan relokasi ke tempat yang lebih layak. Kepemimpinan yang baik diperlukan model dan cara yang nyata bukti bukan bicara, kepemimpinan yang tegas tapi bukan galak, kelihatannya Jakarta kalau salah urus Jakarta bahaya,” tambahnya.

Dikatakan Rizal  bahwa anggaran (DKI Jakarta) gede banget loh. Satu tahun bisa sampai ratusan triliun. Itu gede sekali. Harusnya bisa selesai semua itu, tinggal pelaksanaannya saja yang harus benar.

“Contoh untuk atasi macet dan banjir saja asal nggak ditunggangi kepentingan lain, pakai pedoman Kullukum ro’in wa kullukum mas’ulun an ro’iyyatihi, artinya “setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu bertanggung-jawab atas apa yang kamu pimpin, saya yakin beres ya dengan anggaran besar  tadi,” paparnya.

Saya sering katakan, harusnya dapat ciptakan berkurangnya angka pengangguran, Jakarta
masuk nomor 7 tingkat pengangguran tertinggi loh se-Indonesia, bangun ruang kerja lebih luas lagi dengan SDC (red-skill development centre).

“Seperti yang saya pernah bilang, saya yakin setiap umat beragama, setuju dengan prinsip dasar dari kepemimpinan. Saya sama seperti warga Jakarta, sangat sayang dengan Jakarta, Jakarta perlu sarana transport yang murah dan ramah lingkungan, kita ingin jadikan Jakarta senyata hidup dan metropolitan yang ramah, titik,” ungkap Rizal disela-sela acara makan siang dikantornya.

Masih kata Rizal jika nanti calon Kepala Daerah Jakarta berikutnya harus bisa tanamkan rasa sayang dengan Jakarta, bukan jadikan kepentingan politik atau kelompok dan kebanggaan semata, ingat bahwa ruang publik terbuka hijau serta infrastruktur ibukota yang layak juga jadi simbol kemajuan Nasional jadi kekuatan Jakarta, dan di lihat semua daerah,” pungkasnya. |AEN

Facebook Comments