Telah Diincar Sejak Beberapa Tahun Lalu, Akhirnya BCA Berhasil Caplok Rabo Bank

0
611
PT Bank Central Asia Tbk (BCA)/Ist

JAKARTASATU.COM – Ketika Bank Permata dicaplok oleh Bangkok Bank dari Thailand, hal yang sebaliknya dilakukan oleh Bank Central Asia (BCA). Berbeda dengan yang dialami Bank Permata, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) justru berencana untuk segera mengakusisi PT Bank Rabobank Internasional Indonesia. Untuk keperluan tersebut, ada total nilai transaksi yang ditaksir mencapai Rp 397 miliar.

Konon, sebenarnya rencana aksi korporasi akuisisi tersebut memang sudah menjadi rencana bisnis BCA sejak beberapa tahun lalu seperti yang diungkapkan Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

“Sudah ada di RBB sudah beberapa tahun lalu. (Incar Rabobank) Ini sejak beberapa bulan lalu. Sesekali bank Nasional akuisisi bank asing yang di Indonesia ya,” ujar Jahja seperti yang dikutip detikcom (11/12/2019).

Informasi akuisisi ini juga telah disampaikan oleh pihak BCA melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (11/12/2019).

Melalui BCA Finance, BCA telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan para pemegang saham Rabobank yang terdiri dari Cooperatieve Rabobank UA, PT Aditirta Suryasentosa, PT Antarindo Optima, PT Antariksabuana Citanagara dan PT Citra Usaha Kencana Sejati.

Pintarnya, saat BCA mengakuisisi Rabo Bank ini harganya lebih murah. Jahja mengungkapkan harga akuisisi senilai Rp 397 miliar ini adalah di bawah 1 kali book value. “Iya (beli murah) nanti akan digabung dengan salah satu entitas anak BCA hanya belum ditetapkan yang mana,” aku Jahja.

Besaran total saham yang akan dibeli oleh BCA Finance sebanyak 3.719.070 lembar. Jumlah itu merupakan total seluruh saham Rabobank Indonesia. Dari total saham itu diperkirakan nilai transaksi mencapai Rp 397 miliar. Nilai tersebut akan dilakukan penyesuaian dengan memperhitungkan pendapatan atau kerugian Rabobank Indonesia pada saat tanggal penyelesaian transaksi.

Nantinya, setelah transaksi itu selesai BCA secara langsung dan tidak langsung memiliki seluruh saham Rabobank. Dengan begitu Rabobank Indonesia akan menjadi anak usaha terkendali dari BCA. |WAW