Dituntut Non Partisan, OSO Tolak Diangkat Jadi Wantimpres

0
334
Joko Widodo bersama Oesman Sapta Odang/Ist

JAKARTASATU.COM – Sempat dianggap tidak dapat apa-apa pada periode 2 pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kali ini, ternyata akhirnya partai Hanura dapat jatah juga.

Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) ditawari Jokowi untuk menduduki posisi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).
Namun ternyata secara tegas OSO menolak tawaran tersebut.

“Pak Presiden sudah tahu sikap saya, saya sampaikan ke Pak Pratikno, jangan dikira saya tolak tanpa alasan,” kata OSO di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019).

Sebab penolakan OSO tersebut adalah karena dalam aturan, pimpinan parpol tidak bisa menjabat posisi ini.

“Hati nurani saya besar dengan partai, untuk jadi anggota Wantimpres harus tidak menjabat jabatan pimpinan parpol, nah apalagi kalau pimpinan Wantimpres. Itulah sebabnya saya merasa pertama terima kasih ke presiden yang telah hargai sekali partai Hanura diberi kesempatan,” ujar OSO berterima kasih.

“Tapi karena syarat itu saya memutuskan untuk sementara akan terus bersama teman-teman seperjuangan agar tetap walau bagaimana kami akan 100 persen dukung presiden dalam pemerintahan,” tolak OSO.

Lalu apakah ada politikus Hanura lainnya yang ditunjuk untuk posisi ini. Menurut OSO ada, namun ia merahasiakannya.

“Ada, itu pak presiden yang tahu, saya tak mau andai-andai. Pak Pratikno dan presiden sudah tahu. Jangan dipikir kami minta-minta,” kilah OSO.

Lalu siapa kira-kira tokoj Hanura yang layak menduduki posisi ini? Apakah Wiranto akan kembali? |WAW