Diikuti 750 Peserta, Pemenang Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Baru Diumumkan 23 Desember 2019 Ini

0
142
Draft gagasan desain ibu kota baru/Ist

JAKARTASATU.COM – Kabarnya, sayembara desain kawasan Ibu Kota Negara yang baru saja selesai. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono dengan rampungnya, sayembara tersebut, maka selanjutnya akan dilanjutkan dengan rencana pembangunan Ibu Kota tahun depan.

“Sekarang, sayembaranya sudah tarafalnya, sudah ada dari 750 yang daftar, sudah ada yang 270, tapi diseleksi menjadi 250, sudah disaring jadi 5,” kata Basuki di Balairung UGM, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Minggu (15/12) 2019 ).

Rencananya, pada tanggal 20 Desember ini, Basuki akan mempresentasikan hasil seleksi sayembara di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemudian tiga hari setelahnya (23/112/2019) barulah peserta yang berhasil memenangkan sayembara ini akan diumumkan.

“Tanggal 20 saya presentasikan di depan pak presiden, dan tanggal 23 itu kita umumkan juaranya dari 1 sampai 5. Lalu, yang (juara) 1-3 nanti akan kita panggil untuk dikolaborasi kalau itu (hasil sayembara) bisa digabungkan menjadi lebih baik,” jelas Basuki.

“Nanti yang di core-nya, sekitar 4 ribu hektar kita perlu detail desain untuk semester kedua 2020 bisa mulai dikerjakan,” tambahnya.

Sementara itu, untuk memastikan dan mengunjungi lokasi mana yang akan digunakan sebagai pusat pemerintahan, rencananya Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur.

“Besok hari Selasa (17/12/2019) pak Presiden (Jokowi) akan ke ibu kota sana (yang baru di Kalimantan Timur). Kalau Presiden pasti akan melihat perasaannya ditempatkan. Karena kalau cuma di atas kertas pasti tidak ada perasaan,” katakan Basuki lagi.

“Gambarnya bagus tapi tidak bisa diterapkan di lapangan kan percuma, jadi akan dilihat dia (Presiden RI),” sambung Basuki yang menyakini peninjauan yang akan dilaksanakan, mengingat Hutan Tanaman Industri (HTI) di lokasi Ibu Kota Baru telah menghasilkan panen.

“Kebetulan di sana kan hutan HTI, hutan tanaman industri, sekarang baru dipanen saja. Jadi kelihatan sekali topografinya, dan dia akan lihat di sana,” jelasnya.

Kita tunggu saja siapa yang akan memenangkan sayembara desain Ibu kota baru ini dan seperti apa desain yang ditawarkan. | WAW

Facebook Comments