Apa Susahnya Urus Banjir Jakarta!

0
900
Rizal Bawazier/AEM-JAKSAT

JAKARTASATU.COM —  Jakarta butuh Wakil Gubernur pekerja keras untuk membantu Gubernur Anies Baswedan, tidak bisa tidak!!

Anies butuh Wakil Gubernur bukan dari kalangan akademisi semata, tetapi yang piawai dalam membuat pola kerja cepat, secepat-cepatnya.

Kritikan-kritikan terhadap Anies Baswedan saat ini sangat tajam dalam menghadapi musim hujan di Jakarta, dimana beberapa titik banjir telah diumumkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Janganlah ribut bagi-bagi kursi antara partai-partai politik sehingga sulit menentukan siapa yang akan menjadi Wakil Gubernur.

Ada apa sebenarnya dibalik sulitnya menentukan janji-janji politik itu? Janganlah jabatan Wakil Gubernur dijadikan barang dagangan, barang jual-beli. Warga Jakarta perlu Wakil Gubernur!

“Kepemimpinan yang baik memerlukan model dan cara yang nyata serta harus terbukti bisa merangkul semua golongan, suku dan etnis warga Jakarta. Anggaran Jakarta gede banget loh. Satu tahun bisa sampai ratusan triliun. Itu gede sekali,” demikian diungkap Rizal Bawazier, Pengusaha dan Pemerhati Sosial di kantornya bilangan Kuningan Jakarta Selatan, (17/12).

Rizal menambahkan, harusnya bisa selesai semua itu. Tinggal pelaksanaannya saja yang harus benar. Contohnya, untuk atasi macet dan banjir saja, asal nggak ditunggangi kepentingan lain, saya yakin beres ya dengan anggaran sebesar itu.

“Jakarta memerlukan Wakil Gubernur yang bisa bekerja dan membantu membuat keputusan cepat, secepat-cepatnya. Selain itu, juga harus bisa mendampingi Anies dalam memastikan program-program pembangunan Jakarta berjalan dengan baik,” jelasnya.

Mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Wakil Gubernur memiliki sejumlah tugas khusus, seperti memimpin tim anti narkotika di daerah, menindaklanjuti laporan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), serta mengawasi dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan perangkat daerah, juga berkewajiban memberi saran dan pertimbangan kepada Gubernur terkait pelaksanaan pemerintahan daerah.

“Ayolah…. Segera berikan Anies Wakil Gubernur yang mampu memenuhi harapan warga Jakarta. Jangan bebani dengan kepentingan politik yang tidak pada tempatnya,” tandas Rizal tegas. |AME/JKST

Editor: Aendra Medita