Bupati KBB Tuding Proyek Kereta Api Cepat Penyebab Banjir

0
740
Banjir di KBB, Selasa (31/12/2019)

JAKARTASATU.COM – Banjir bandang terjadi akibat hujan deras yang turun sejak siang hingga petang, Selasa (31/12/2019) menyebakan underpass Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB) dipenuhi air bah dan menutup akses jalan menuju kantor pemerintahan KBB.

Debit air yang cukup tinggi membuat limpasan air mengepung sejumlah wilayah permukiman penduduk, jalan protokol, hingga kompleks perumahan warga dengan ketinggian air bervariasi.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara menuding pengerjaan proyek Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC) menjadi penyebab banjir di wilayah KBB. Menurutnya, daerah tersebut belum pernah banjir sebelum adanya proyek KCIC.

“Banjir disebab kan oleh proyek KCIC karena sebelum ada proyek ini tidak pernah terjadi banjir,” ucap Umbara di akun Instagram miliknya.

Umbara pun meminta pihak KCIC untuk segera menghentikan sementara pengerjaan proyek di wilayah KBB. Ia pun meminta pihak KCIC ikut bertanggung jawab untuk meredakan banjir yang terjadi di wilayah KBB.

“Malam ini juga pihak KCIC harus cepat tanggap meredakan banjir dan harus memberikan bantuan untuk korban banjir. KCIC harus menyetop proyek detik ini juga sampai waktu yang belum ditentukan. Jangan mengabaikan sikap dan ultimatum dari saya @keretacepat_id kerena ini sudah sangat merugikan masyarakat Bandung Barat,” tegas Umbara.*l HER-Biro Bandung