Sempat Matikan 3.100 Gardu Listrik Karena Banjir, Hari Ini PLN Mulai Nyalakan Beberapa di Antaranya

0
727
Ilustrasi warga yang beraktivitas dalam gelap karena pemadanan listrik/IST

JAKARTASATU.COM – Setelah sempat memadamkan aliran listrik di sejumlah wilayah yang terdampak banjir di Jakarta,  Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) demi keselamatan dan keamanan warga dari ancaman tersengat listrik, hari ini Kamis (2/1/2020) PLN mulai menyalakan beberapa diantaranya.

Sebelumnya, sekitar total, hingga pukul 16.00 WIB dari 23.700 gardu distribusi yang ada di Jabodetabek sebanyak 3100 Gardu distribusi telah dipadamkan untuk sementara waktu.

“Demi menjaga keselamatan warga agar terhindari dari bahaya arus listrik, PLN terpaksa melakukan pemadaman sementara di sejumlah wilayah,” ujar Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah melalui keterangan pers, Rabu (1/1).

Untuk daerah DKI Jakarta area yang dipadamkan meliputi wilayah Karet Pasar Baru Barat, Kedoya Utara, Tanjung Duren, Panxoran, Pejaten Timur, Jati Petamburan, Pondok Kelapa dan Komplek Jati Bening.

Selanjutnya Jalan Kebon Jeruk Raya, Jalan Raya Daan Mogot Kalideres, Jalan Swadarma Raya, Jalan Pos Pengumben, Jalan Sektor Ciledug, Jalan Bangka dan Kemang.

Kemudian di daerah Duta Indah Square, Perumahan Taman Bougenville, Perumahan Taman Wiana Jatibening dan Perumahan Pinewood Wibawamukti.

Tak terkecuali di wilayah Kapuk, Joglo, Ciledug, Tanah Tinggi, Duri Kosambi, Kemanggisan, Kembangan, Jagakarsa, Jatiasih, Petamburan, Karet dan Tanjung Duren yang juga dipadamkan.

Adapun untuk wilayah Jawa Barat pemadaman dilakukan di Bekasi, GPI, Cikarang, Bogor dan Karawang.

“Sementara untuk wilayah Banten dari total 14 ribu gardu distribusi sebanyak 228 gardu distribusi yang ada di wilayah kerja PLN UID Banten terpaksa dipadamkan untuk keamanan warga,” tambah Dwi.

Namun hari ini, Kamis (2/1/2020), pihak PLN menyatakan sudah mulai menyalakan gardu distribusi di sejumlah lokasi yang dianggap telah aman bagi masyarakat.

Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka dalam penjelasannya memaparkan, beberapa gardu yang sudah mulai dinyalakan adalah Bintaro, Ciputat, Ciracas, Kebun Jeruk, Kramat Djati, Marunda, Pondok Gede, dan sebagian Pondok Kopi dan Menteng.

Sedangkan karena pertimbangan masih tingginya genangan air, maka beberapa wilayah terpaksa masih dipadamkan seperti di wilayah Bandengan, Bulungan, Cempaka Putih, Cengkareng dan Lenteng Agung.

Adapun untuk Banten dari 228 gardu distribusi yang sebelumnya mengalami pemadaman, kini sudah dilakukan pemulihan sebanyak 19 gardu distribusi yang terletak di wilayah Serpong dan Banten Selatan.

“PLN mohon maaf untuk pemadaman sementara yang dilakukan, kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik,karena keselamatan warga adalah yang utama” ujar Made Suprateka, Kamis (2/1), memohon pengertian masyarakat.

“Kami juga mohon maaf dan pengertian warga untuk daerah yang terdampak pemadaman listrik disekitar atau dekat lokasi banjir, hal ini terpaksa kami lakukan demi keselamatan warga yang terdampak banjir,” pungkasnya menjelaskan. |WAW-JAKSAT