Dianggap Bergaya Bak Raja Saat Tinjau Banjir, Dirut PT KAI Jadi Trending Topic Twitter

0
1289
Unggahan video saat Dirut KAI tinjau banjir yang viral di Twitter/IST

JAKARTASATU.COM – Ini era social media. Karenanya hati-hati dalam bertingkah laku di sekitar kita. Salah bergaya, bisa-bisa menuai cela atau masalah yang tak terduga. Nampaknya hal inilah yang dialami oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Edi Sukmoro.

Mendadak bos perusahaan kereta api ini masuk dalam 10 besar trending topic teratas Twitter untuk Indonesia. Total sudah ribuan tweet yang dilontarkan warganet untuknya. Lalu sebenarnya ada apa gerangan yang dilakukan Edi Sukmoro?

Ternyata kisah ini bermula ketika Dirut KAI Edi Sukmoro tengah bermaksud meninjau langsung lokasi Dipo KRL Bukit Duri pada Kamis (2/1/2019) siang yang terdampak banjir. Ternyata, dalam rekaman video yang viral, ada kelakuan Dirut KAI ini yang dianggap nyleneh sehingga menjadi sorotan warganet.

Dalam rekaman video yang dibagikan di Twitter tersebut, tampak seseorang yang disebut sebagai sang Dirut menaiki semacam perahu karet seorang diri. Ia diiringi oleh beberapa orang yang sepertinya para petugas yang bertindak selaku pengawal.

Yang menjadikan hal itu terlihat konyol adalah, kondisi banjir saat itu tidak terlalu dalam. Kira-kira hanya setinggi mata kaki. Akibatnya situasi Dirut KAI di atas perahu yang diiringi oleh para pegawainya/ajudannya yang mendorong perahu tersebut seperti iring-iringan sultan atau rombongan ritual sesaji adat.

Sontak saja video yang viral tersebut turut kebanjiran komentar warganet mulai dari yang tergelak geli, mengolok-olok, mengkritik, mencemooh dan memakluminya.

“Lihat video aslinya sumpah jadi kesel, terus scroll komentar nemu ini video. Mendadak ngakak guling-guling. Pak dirut KAI mau menghadap ibu ratu pantai selatan ya?” demikian cuitan seloroh seorang warganet berakun @adipurnawan333.

Bahkan ada pula warganet yang mengolok Edi seperti pengantin sunat yang ingin menjalankan ritual lengkap dengan iring-iringan. Bahkan ada yang menyamakan Dirut KAI dengan Nyi Roro Kidul.

“Ini manten sunat, evakuasi korban banjir ato iring2an Dirut KAI…? Salfok sama ketinggian air, yg cuma semata kaki…👀🙄,” komen seorang warganet.

Untungnya ternyata Dirut KAI bisa bertebal muka menanggapi cibiran warganet yang pedas-pedas tersebut.

Tak menanggapi selorohan yang ditujukan kepadanya, Edi menyatakan bahwa dirinya tidak mempunyai pikiran macam-macam.

“Saya tidak punya pikiran macam-macam yang penting kita menormalkan kembali supaya angkutan kereta api masih bisa diandalkan,” kata Edi saat peninjauan korban banjir di sejumlah relasi Duri-Tangerang seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/1).

Ia menjelaskan pihaknya ingin segera memastikan kondisi rel dan lintasan kereta api yang terendam banjir.

“Intinya gini lah kami ini betul-betul ingin melihat kondisi fasilitas KA yang memang pada saat ini bukan cuma satu titik, tapi di beberapa titik itu tergenang air sehingga kita betul-betul prihatin ‘concern‘, harus dilakukan tindakan cepat. Kalau enggak, mungkin kereta yang diparkir di situ malah bukan tidak bisa dioperasikan lagi, malah rusak,” ujar Edi.

Selanjutnya Executive Vice President Corporate Secretary PT KAI Agus Komarudin memaparkan bahwa sebenarnya potongan video yang viral tersebut diambil saat Edi sedang menepi menuju lokasi yang lebih dangkal.

Pada waktu itu, saat Dirut KAI melakukan  peninjauan, ada beberapa titik yang cukup dalam sehingga akan sangat merepotkan bagi mereka bila harus berenang. Karenanya Edi perlu menaiki rakit buatan dari ban dan bangku karena mereka belum memiliki perahu.

Entah bagaimana sebenarnya, yang jelas potongan video Dirut KAI yang viral tersebut cukup memberikan hiburan yang bisa membuat banyak warganet bisa tertawa atau tersenyum geli di tengah suasa bencana yang memprihatinkan sekarang. Terima kasih pak Dirut KAI Edi Sukmoro. Teruslah berbagi tawa agar masyarakat Indonesia selalu bahagia. |WAW-JAKSAT