Lima Fraksi di DPR RI Setuju Bentuk Pasnsus Jiwasraya

0
612

JAKARTASATU.COM – Kasus BUMN PT. Asuransi Jiwasraya terus bergilir. Lima Fraksi di DPR RI, Fraksi Partai NasDem, Fraksi PKS, Fraksi Partai Golkar, dan Fraksi Partai Gerindra, dan Fraksi Partai Demokrat, ungkap Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyetujui pembentukan Panitia Khusus (Pansus).

 Dasco meyebutkan, bahwa pihak Pimpinan DPR RI akan segera menggelar Rapat Pimpinan untuk membahas permasalahan yang diduga menelan kerugian negara hingga mencapai Rp 13,7 triliun tersebut. Pembentukan Pansus inilah yang nantinya diharapkan mampu mengurai kasus yang melilit perusahaan pelat merah itu, yang telah melanggar prinsip kehati-hatian dalam hal beinvestasi tersebut.

“DPR baru akan masuk setelah reses pada 13 Januari, tapi secara informal memang sudah ada 5 Fraksi yang kemudian setuju untuk dibentuk Pansus Jiwasraya,” ungkap Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan itu, saat ditemui awak media di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Jelas Dasco politisi Fraksi Partai Gerindra, untuk menyikapi itu, DPR RI akan mengadakan Rapat Pimpinan, lalu kemudian akan mengadakan rapat Badan Musyawarah (Bamus), yang nantinya akan mengakomodir usulan-usulan dari fraksi yang ada, sebelum nantinya dilempar ke Paripurna.

 Tambah Dasco, meski persetujuan pembentukan Pansus masih berupa usulan secara informal, Dasco menilai akan tetap meneruskan mekanismenya kepada Bamus. Tidak hanya itu, Ia juga tidak mempermasalahkan jika pada akhirnya akan dibentuk Pansus atau Panitia Kerja (Panja).

“Ini kan baru usulan informal ya, nanti akan tetap kita bicarakan di Bamus soal apakah Pansus atau Panja. Pokoknya yang terpenting, bagaimana kita mengungkap apa persoalan yang membelit Jiwasraya, kemudian uangnya kemana dan solusinya bagaimana,” tutup Dasco.* l HER-JAKSAT