Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho saat melantik 11 dekan baru di lingkungan kampus UNS untuk periode 2019-2023 beberapa waktu lalu/IST

JAKARTASATU.COM – Prof Dr Jamal Wiwoho SH, M Hum yang saat ini menjabat Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Jawa Tengah, akhirnya  terpilih sebagai ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia (MRPTN). Adapun acara pemilihannya sendiri telah berlangsung pada Jum’at malam 17 Januari 2020 kemarin di Hotel Atlit Century kawasan Senayan Jakarta.

Prosesi pemilihan ketua yang digelar sebelumnya, dipimpin langsung oleh Rektor ITB Prof Dr Kadarsah Suryadi DE dan diikuti oleh sebagian besar Rektor Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia. Setidaknya ada 56  rektor yang berminat untuk bertarung dari 87 pimpinan perguruan tinggi yang telah tergabung dalam perkumpulan MRPTNI.

MRPTN atau CRISU (Dewan Rektor Universitas Negeri Indonesia) ini merupakan wadah bagi para pimpinan perguruan tinggi Indonesia untuk membangun jejaring sinergik antara PTN dan lembaga lembaga lain dalam membangun sistem pendidikan tinggi yang terkait dengan perisai bangsa.

Lembaga ini telah dikembangkan sejak 16 April tahun 2002 dan berbadan hukum sesuai dengan akte notaris Ir Sari Wahyuni ​​MSc, SH.MH.MKn sesuai SK Menteri Hukum dan HAM RI tanggal 27 Februari 2014 Nomor AHU- 00359 AH 02.02. Tahun 2014.

Selain dimaksudkan untuk membangun jejaring sinerjik antara perguruan tinggi negeri dan lembaga lainnya; mengembangkan sistem pendidikan nasional guna meningkatkan mutu SDM Indonesia yang didukung, keberadaan MRPTN juga diharapkan memberikan persetujuan untuk penyelenggaraan pendidikan di Indonesia; mengembangkan seleksi penerimaan mahasiswa baru; melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Rotasi kepemimpinan MRPTN ini sendiri telah beberapa kali terjadi. Pertama kali dipimpin oleh Prof Dr Ir Joko Santoso (Rektor ITB), kemudian Prof Dr Idrus Andi Paturusi (Rektor Universitas Hasanudin), dilanjutkan Prof Dr Herry Suhardiyanto (Rektor IPB) dan terakhir Prof Dr Kadarsah Suryadi DEA (Rektor ITB) sebelum sekarang ini dilanjutkan oleh Prof Dr Jamal Wiwoho SH, M Hum (Rektor UNS) untuk periode 2020-2021.

Selanjutnya Mantan ketua forum Wakil Rektor / Pembantu Rektor II se Indonesia ini juga diharapkan oleh para rektor untuk menjalankan program kerja 2020-2021 untuk segera membuat pengurus lengkap MRPTN; Melaksanakan SNMPTN-SBMPTN 2020; Membentuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai lembaga independen di bawah perkumpulan MRPTNI.

Kursus Musim Panas Bersama Juga Dilakukan CUPT-CRISU Indonesia Thailand; Konferensi CUPT-CRISU ke-15 2021 di Pataya Thailand; Kelompok Kerja Bersama 2020 (Perancis, Taiwan dan Jepang); Konferensi ASAHIL di Warsawa Rusia 2020 serta program lain yang disarankan pada rapat kerja MRPTNI 2020-2021. |WAW-JAKSAT