Turut Rayakan Imlek, Ancol Bagi-bagi 2571 Angpao, Apa Artinya?

0
703
Instalasi lampion berbentuk ular air dan lampion kertas memeriahkan perayaan Imlek bertema 'Seaside Chinese Festival' di Promenade, Danau Monumen, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta/IST

JAKARTASATU.COM – Mengusung tema ‘Ancol Lunar Festival’, sebagai sambutan atas perayaan imlek 2020, Ancol menyuguhkan berbagai macam festival dan atraksi yang diharapkan bakal menarik perhatian pengunjung. Rencananya, pada setiap unit rekreasi mulai dari Dufan hingga Pasar Seni, akan digelar berbagai macam kegiatan yang terkait dengan perayaan imlek.

“Untuk perayaan imlek 2020 ini banyak sekali acara yang tersebar di berbagai rekreasi, salah satunya ada di Ancol taman impian ini akan berlangsung dari tanggal 25- 26 januari 2020,” kata VP Brand Promotion and Activation, Ticha Hestiningrum Desanti seperti dikutip detikcom (20/01/2020).

Tak hanya ambience, pernak-pernik dan atraksi-atraksi bernuansa Tionghoa semata, bahkan di unit rekreasi Dufan, akan ada pembagian 2571 angpao. Selain itu ada pertunjukan ‘The Legend of Magical Liong’ yang merupakan kolaborasi dengan Barongsai juara dunia Kong Ha Hong.

Sementara itu di di unit rekreasi Ocean Dream akan digelar juga ‘The Chinese Mermaid Show’ yang menampilkan atraksi penyelam perempuan, berperan sebagai putri duyung yang menari mengikuti irama lagi tanpa alat bantu selam.

“Di Ocean Dream Samudera kita perlengkap dengan ‘legend from chinese lamp’ nanti akan ada dolphin show spesial Imlek dan juga mermaid show,” bebernya.

Adapun pembagian angpao sebanyak 2571 akan diberikan di unit rekreasi Atlantis bagi pengunjung yang membeli Annual Pass. Selain itu, pengunjung juga berkesempatan membawa pulang sepeda yang dimasukkan dalam lampion raksasa. Jumlah angpao sebanyak 2571 tersebut untuk menandai bahwa perayaan Imlek 2020 sekarang merupakan tahun 2571 berdasarkan penanggalan Tionghoa yang menandai dimulainya tahun tikus.

Kalender penaggalan Tionghoa adalah penanggalan yang menggunakan baik perputaran matahari dan perputaran bulan (lunisolar). Bila dihitung berdasarkan kalender masehi, tahun baru imlek selalu jatuh di antara bulan Januari dan Februari. Tahun ini perayaan tahun baru Imlek jatuh pada pada hari Selasa, 25 Februari 2020 tersebut.

Secara umum acara perayaan Imlek kali ini akan dibagi dalam dua area, yaitu di kawasan ‘Symphonie of The Sea’ dan ‘floating stage pantai festival.’ Di kawasan Symphonie of the sea akan ada beberapa atraksi.

“Terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu pada tanggal 25-26. Tanggal 25 Januari di Stone area kawasan terbaru Ancol yaitu Symphonie of The Sea, untuk tanggal 26 kita bertempat di Floating Stage pantai Festival,” pungkas Ticha. |WAW-JAKSAT