Akhirnya Kreator “Si Moncong Putih” PDIP Itu Pun Berlabuh di Komisaris Utama Garuda Indonesia

0
1024
Triawan Munaf/IST

OLEH: Tan Syah Lumintu, pengamat sospol dan humaniora

Pelan tapi pasti, satu persatu dari mereka yang dianggap berjasa bagi sukses PDIP dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pemilu dan Pilpres 2019 kemarin mendapatkan kursi atau jatahnya masing-masing.

Triawan Munaf misalnya. Semula banyak orang bertanya-tanya, apa kira-kira jatah Triawan Munaf setelah melepaskan jabatannya dari Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) 2019 kemarin.

Cukup lama juga tidak terdengar kabar tentang Triawan Munaf setelah merampungkan jabatannya dari Bekraf.

Sementara itu khalayak sangat menyadari, melihat bagi-bagi kursi jabatan di pemerintahan Jokowi kali ini, tak mungkin Triawan Munaf tidak mendapatkan apa-apa. Peran Triawan Munaf dalam kampanye Pilpres 2019 kemarin tidak main-main.

Apalagi secara historis, Trimun begitu Triawan Munaf  biasa dipanggil, memiliki jasa yang juga begitu besar bagi PDIP dan Jokowi.

Saat masih berkarir di biro iklan (advertising agency) Adwork, bersama tim kreatifnya, Trimunlah yang berhasil menciptakan logo ikonik “Si Moncong Putih” yang menjadi lambang kebanggaan PDIP hingga sekarang ini.

Moncong Putih dan Triawan Munaf/IST

Kemudian pada masa kampanye Pilpres 2014, Trimun juga didapuk menjadi ketua tim kreatif kampanye Joko Widido-Jusuf Kalla yang mengantarkan Jokowi sukses dari Gubernur DKI Jakarta menjadi Presiden Indonesia untuk periode pertama 2014-2019.

Mungkin karena sukses itulah maka Trimun akhirnya diganjar dengan menjadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif yang dibentuk oleh Jokowi.

Hal sama pun terjadi lagi pada Trimun saat Jokowi mencalonkan kembali dirinya sebagai Capres pada Pilpres 2019 bersama Ma’ruf Amin sebagai Cawapresnya. Triawan Munaf kembali membantu Jokowi sebagai salah satu anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf.

Sebagai Kepala Badan Kreatif Nasional, Trimun menjadi salah satu atau malah satu-satunya kepala badan yang menjadi bagian dari pelaksana kampanye Jokowi-Maruf, di luar para menteri dan kepala daerah.

Dari rekam jejak tersebut, jelaslah peran Triawan Munaf untuk keberhasilan Jokowi tidaklah kecil. Karena itulah banyak kalangan yang bingung dan bertanya-tanya kemana Triawan setelah selesai dari Bekraf?

Akhirnya setelah sempat tidak terdeteksi untuk beberapa waktu lamanya, terjawab sudah apa yang didapat Triawan Munaf sekarang. Para pemegang saham PT Garuda Indonesia (Persero) akhirnya menetapkan Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero).

Semoga saja, seperti halnya yang dilakukan pada PDIP dan Jokowi, berbekal talenta kreatif yang dimilikinya, Trimun mampu membantu Garuda Indonesia terbang lebih tinggi dan lebih jauh lagi seperti yang diharapkan bangsa ini. (*)