RAMALAN NGERI CORONA

0
1074
Virus Corona/IST

OLEH: Jonathan Read, Periset Medis dari Inggris. Bekerja untuk Pusat Informatika kesehatan (Centre for Health Informatics), Lancaster University, Lancaster, United Kingdom.

Jonathan Read, periset medis Inggris, memprediksi jumlah orang yang terjangkit virus corona di Wuhan akan mencapai 250.000 jiwa pada 4 Februari 2020 mendatang (angka sekarang cuma 1.000 orang terjangkiti).

Jumlah kematian diperkirakan mencapai 10.000 orang dalam dua pekan mendatang (angka sekarang: 40 orang meninggal).

Berdasar sejumlah indikator dan model matematika, Read memperkirakan penyebaran virus corona akan eksponensial hanya dalam ukuran pekan jika tidak ada perubahan dalam penanganan.

Seperti diketahui, wabah ini bermula dari Kota Wuhan di China. Kota ini punya penduduk cukup besar, 11 juta orang, sementara virus corona bisa menyebar antar-manusia.

Read juga memperkirakan kota-kota China yang menyusul Wuhan adalah Shanghai, Beijing, Guangzhou, Chongqing dan Chengdu.

Sementara negeri-negeri yang paling berisiko tertular karena hubungan transportasi udara dengan China meliputi: Thailand, Japan, Taiwan, Hong Kong, and South Korea.

Artinya sebagian besar negeri Asia akan terkena; dunia selebihnya akan menunggu. Di samping dampak langsung (banyak orang terjangkit dan tewas), wabah ini potensial memicu krisis ekonomi global ketika sebagian besar kota China lumpuh.

*) Sumber artikel Jonathan Read: Novel coronavirus 2019-nCoV: early estimation of epidemiological parameters and epidemic predictions

Facebook Comments