Musim Hujan, Pengemudi dan Halte TransJakarta Diuji Kualitasnya oleh Alam

0
700
Tempat duduk halte TransJakarta yang kebocoran membuat pelanggan sulit duduk meskipun bis yang ditunggu masih lama/IST

JAKARTASATU.COM – PT TransJakarta baru saja merayakan ulang tahunnya pada bulan Januari 2020 kemarin. Sebagai moda transportasi publik andalan di provinsi DKI Jakarta.

TransJakarta telah terbukti makim disukai oleh khalayak. Penggunanya semakin bertambah dan beberapa kali TransJakarta mampu mengantarkan Pemprov DKI mendapatkan berbagai penghargaan nasional maupun internasional.

Selanjutnya tinggal bagaimana TransJakarta mampu meningkatkan prestasi yang telah dicapai sekaligus menjaga kualitas agar tetap memuaskan pelanggannya.

Salah satunya adalah bagaimana menjaga kenyamanan penumpang saat musim hujan sekarang. Sepanjang pengamatan Jakartasatu.com pihak PT TransJakarta harus mulai memperhatikan infrastruktur pendukung seperti halte-halte mereka.

Halte TransJakarta /IST

Jakartasatu.com melihat banyak halte TransJakarta khususnya halte-halte lama dari gelombang satu telah bocor atapnya. Akibatmya meski masih agak lama menunggu bis yang ditunggu, banyak penumpang di halte yang terpaksa memilih berdiri saja karena atap tempat duduk untuk menunggu yang disediakan basah terkena bocoran air hujan.

Mumpung musim hujan masih berjalan, PT TransJakarta harus mau menyisir dan mereview kelayakan halte-halte mereka dalam menjaga kenyamanan pelanggannya.

Mulai dari upaya agar pelanggan tidak basah karena kehujanan saat turun dari pintu bis, saat naik ke pintu bis, serta saat pelanggan menunggun kedatangan bis di halte-halte tersebut.

Para awak pengemudi bis, juga diharapkan agar memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni agar mampu berhenti secara tepat dan menempatkan kesejajaran antara pintu bis dan pintu halte secara presisi sehingga penumpang aman untuk melangkah dari bis ke halte dan sebaliknya.

Kesejajaran pintu bis dan pintu halte yang harus tepat dan presisi sehingga aman bagi penumpang/IST

Pasalnya akan bahaya jika di musim hujan ini jika posisi pintu bis dan halte terlalu jauh atau melenceng karena penumpang akan basah oleh hujan serta tidak aman karena lantai yang basah dan licin.

Semoga saja PT TransJakarta mampu mengatasi dan memperbaiki tantangan yang ada di musim hujan kali ini. |WAW – JAKARTA