Lahirkan 546 Penelitian, IPB Turut Realisasikan SDGs

0
441

JAKARTASATU.COM– Rektor IPB University, Arif Satria menyebut pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) memiliki peran penting. Yakni menjadi perangkat global dalam rangka menciptakan dunia yang lebih baik bagi kehidupan manusia.

Arif menegaskan bahwa IPB berkomitmen mewujudkan pencapaian SDGs dalam bentuk penelitian nyata. Pada 2018, kata Arif, ada 546 penelitian yang dilakukan oleh IPB University.

“Keseluruhan penelitian tersebut menyentuh 17 target dari SDGs,” ucap Arif ketika menghadiri Anniversary  ke-77 Kasetsart University, salah satu perguruan tinggi terkemuka di Thailand, Senin (3/2).

Arif memaparkan, sekitar 25 persen penelitian tersebut mendorong pencapaian pencanangan SDG Nomer 2, yaitu mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk. Kemudian diikuti dengan pencapaian SDGs nomer 3 mengenai kesehatan yang dipersentasekan mencapai 17 persen.

“Untuk pencapaian dukungan SDGs terkait perihal bidang Industri, Inovasi, Infrastruktur sekitar 16 persen,” ungkapnya.

Menurut dia, tujuan SDGs sangat sederhana yaitu mencakup nilai-nilai umum yang diinginkan manusia dalam kehidupan. 

“Melalui SDGs Network IPB University mengundang dan mendampingi industri, NGO, dan pihak swasta untuk berjejaring mewujudkan SDGs dan memberikan laporan tentang langkah-langkah dan hasil yang telah dicapai,” terangnya.

Sebagai informasi, IPB University telah melaunching SDGs Network tahun 2019. Salah satu kampus terbaik di negeri ini juga telah membuat Sustainability Report. RI-JAKSAT