Sebanyak 64 Rumah Sakit BUMN Siaga Hadapi Virus Corona

0
503

JAKARTASATU.COM Wabah Virus yang berasal dari Cina ini telah menyebar ke 27 negara di dunia, dan telah menjadi perhatian WHO dan Kementerian Kesehatan seluruh negara. Saat ini telah ada 20.626 orang yang positif terinfeksi dengan korban sebanyak 462 jiwa. Angka kematian ini memang masih di bawah angka kematian akibat MERS dan SARS, namun kecenderungannya angka ini akan bertambah, sehingga harus diantisipasi oleh semua pihak.

Sikapi permasalahan tersebut, sebanyak 64 Rumah Sakit BUMN bersiaga dengan melakukan sosialisasi tentang infeksi Virus Corona di seluruh rumah sakit BUMN yang ada di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Rumah Sakit Pertamina Pusat, dr. Fathema Djan Rachmat dalam keterangan persnya (6/2/2020) menjelaskan penyebaran virus Corona ini hanya bisa dicegah dengan membangun kesadaran dan kerjasama semua instansi terkait dengan rumah sakit terutama rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk pemerintah.

“Pemahaman dan kerjasama harus dilakukan oleh semua pihak terkait dan 64 rumah sakit BUMN harus berperan aktif dalam pencegahan penyebaran infeksi Novel Coronavirus di Indonesia,” kata dr. Fathema.

Jelas dr. Fathema, penyebaran virus ini begitu cepat dan perlu mengambil langkah dengan tetap berhati-hati dan selalu siaga dalam menghadapi kemungkinan yang ada. Rumah Sakit BUMN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dihimbau untuk  melakukan kordinasi dengan pihak Kemenkes dan Dinas Kesehatan dari tingkat daerah hingga pusat dan 3 rumah sakit yang menjadi rujukan secara nasional, yaitu RSPAD Gatot Subroto, RS Persahabatan & RSPI Sulianti Saroso.*lHER-JAKSAT