Aduhai, Tatapan Matamu Bisa Menularkan Virus Corona?

0
1395
Ilustrasi tatapan mata/IST

JAKARTASATU.COM – Kecanggihan social media, selain membantu menyebarkan informasi dengan cepat, namun media ini juga bisa membagikan informasi yang salah dengan cepat pula. Sebut saja terkait masalah virus corona yang sekarang ini tengah menjadi trending topic dimana-mana.

Mulanya gara-gara seorang pakar menyatakan bahwa virus corona bisa menginfeksi lewat mata, maka kemudian di social media berkembang informasi yang kemudian viral bahwa virus corona bisa menyebar lewat tatapan mata. Akibat informasi ini, berbagai reaksi ketakutan segera muncul  dan menyebar viral di kalangan warganet.

Dus yang menjadi korban adalah para petugas kesehatan. Mereka harus meluruskan info salah tersebut. Terkait info tatapan mata tersebut, Dokter Spesialis Paru RS Universitas Indonesia, Raden Rara Diah Handayani menyatakan, “Jadi sebenarnya bukan kontak mata. Virus itu masuk kalau bagian mata, kita sebut mukosa, terbuka.”

Dokter Raden Rara saat di di RSUI, Depok, Jawa Barat, Selasa (4/2), memaparkan, virus corona masuk ke dalam tubuh melalui celah yang terbuka. Misalnya area bawah mata atau dikenal dengan mukosa.

“Misalnya begini, di tangan kita ada nih virus corona, kita kucek-kucek mata. Nah mata ada yang terbuka kan, memang dia mukosa yang terbuka,” ujarnya menjelaskan.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Endang Budi Hastuti. Endang menyatakan, virus corona tidak menular lewat tatapan mata.

“Pernah dengar tidak? Itu juga ada. Jadi makanya disarankan pakai masker yang sampai menutupi mata. Tapi bukan seperti itu, tidak menular melalui tatapan mata,” jelas Endang meluruskan.

Namun Endang tetap mewanti-wanti bahwa mata tetap menjadi bagian tubuh yang rentan untuk menjadi tempat masuknya virus. “Kalau kita kucek-kucek mata saat tangannya kotor, terkontaminasi, bisa menular juga ke orang lain. Jadi bukan tatapannya,” imbuh Endang menegaskan.

Dus, demi mencegah penyakit masuk lewat mata, hindari mengucek mata dengan tangan yang kotor. Jaga kebersihan bagian tubuh, dengan rutin mencucinya menggunakan air dan sabun.

Bukan corona tapi tatapan mata bisa menularkan cinta/IST

Yang pasti jangan takut lagi meskipun harus berhati-hati. Pasalnya meskipun tatapan mata tidak bisa menyebarkan virus corona, namun tatapan mata tersebut dipercaya bisa menumbuhkan cinta. |WAW-JAKSAT