Pentingnya Responsif Terhadap Perubahan

0
56

JAKARTASATU.COM – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, era revolusi industri 4.0 menuntut dunia usaha dan industri untuk responsif terhadap perubahan guna menjaga eksistensi bisnisnya. Begitupun dengan SDM, sikap responsif harus diimplementasikan agar tetap berdaya saing.

“Kita berhadapan dengan era di mana manusia bukan satu-satunya penggerak utama. Kita ini sedang bersaing dengan robot, bersaing dengan mesin, karena teknologi bergerak dengan cepat,” kata Menaker Ida saat menyampaikan Keynote Speech pada acara “Kemnaker Goes To Campus” di Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Kabupaten Bogor, hari Kamis (13/2/2020).

Ida memaparkan, bahwa era desrupsi ekonomi ini tidak cukup dihadapi hanya dengan inovasi dan kreativitas. Namun, yang harus menjadi perhatian juga adalah kecepatan menjalankan tugas.

“Tidak masalah siapa yang lebih pintar, tidak peduli siapa yang lebih kuat, pendidikan dan keterampilan adalah kunci. Tapi yang harus kita ingat, yang cepat akan mengalahkan yang lambat. Yang responsif terhadap perubahan akan mengalahkan yang terlena dengan zona nyaman,” ungkapa Ida.

Menurut Ida, era digital akan menciptakan banyak peluang usaha serta menjadikan iklim usaha lebih kompetitif. Hal ini akan membuka peluang usaha yang lebih besar bagi masyarakat. Karena kegiatan usaha dan bisnis tidak lagi hanya mengandalkan kekuatan modal.* lHER-JAKSAT

Facebook Comments