Mitosnya Bisa Bikin Lengser Dini, Jokowi Dilarang Pergi ke Kediri

0
1407
Ilustrasi mitos Ken Arok dan Ken Dedes yang mewarnai sejarah Kediri/IST

JAKARTASATU.COM – Konon, siapapun presiden yang berkunjung ke Kediri, maka presiden tersebut niscaya akan segera lengser keprabon. Itulah mitos yang mengemuka di negeri ini. Bahkan ini bukanlah mitos baru namun sudah dipercaya oleh banyak orang sejak dahulu kala.

Sejarah munculnya mitos ini bukanlah tanpa alasan apa-apa. Konon kesimpulan yang menjadi mitos ini muncul di ranah nasional karena didasarkan atas pengalaman sejarah yang ada.

Peristiwa lengsernya Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) salah satu pemicunya.

Dipercaya oleh banyak kalangan bahwa penyebab Gus Dur lengser adalah karena pernah mengunjungi Kediri.

Memang, pada kenyataannya Gus Dur tercatat pernah mengunjungi Kediri saat masih menjabat sebagai presiden RI. Yaitu pada saat Gus Dur membuka Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) di Lirboyo, Kediri, 21 November 1999. Tak lama setelah itu, Gus Dur lengser pada tahun 2001, sebelum periode masa jabatannya habis.

Tak hanya Gusdur, mitos ini juga dihubungkan dengan lengsernya Presiden Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie (Presiden RI 1998-1999). Habibe juga tercatat pernah mengunjungi Kediri dan karena itulah ia lengser tiga bulan setelahnya.

Namun sebenarnya Habibie tidak lengser secara tidak normal. Ia lengser karena memang telah berakhir masa pemerintahannya dan tidak ikut kontestasi pencapresan 1999.

Sebab itulah, Pramono Anung mengaku telah melarang Presiden Jokowi untuk berkunjung ke Kediri.

Pernyataan tersebut disampaikan Pramono Anung usai KH Kafabihi Mahrus, memberikan pidato yang menjelaskan bahwa Kediri merupakan daerah wingit atau angker untuk presiden. Namun ada cara bagi presiden yang ingin berkunjung ke Kediri dengan aman. Cara itu adalah berkunjung atau berziarah dan berdoa di makam Syekh Al Wasil Syamsudin, Mbah Wasil Setono Gedong, Kota Kediri.

Menanggapi cerita tersebut Pramono Anung pun akhirnya mengaku.

“Ngapunten (maaf), Kiai, saya termasuk orang yang melarang Pak Presiden untuk berkunjung di Kediri,” ucap Pramono disambut gelak tawa para undangan yang hadir di Ponpes Lirboyo, Kediri.

Selanjutnya mitos bahwa kunjungan presiden ke Kediri bisa bikin presiden tersebut lengser menjadi pembicaraan di Twitter. Ada warganet yang  menjadikannya sebagai tagar-tagar yang akhirnya naik sebagai trending topics.

Nah beranikah Jokowi sendiri berkunjung ke Kediri? |WAW-JAKSAT