Wapres Ma’ruf Amin Tidak Bisa Memuaskan, Bahkan Kalah Memuaskan dari Para Menteri?

0
796
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin/IST

JAKARTASATU.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menorehkan anomali pada survei yang dilakukan Indo Barometer menjelang 100 hari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf kemarin. Bagaimana tidak, jika pada survei-survei yang telah digelar selama ini kepuasan masyarakat kepada Wakil Presiden biasanya lebi tinggi dibandingkan kepada para menterinya, ternyata kali ini hasilnya nyleneh.

Temuan survei Indo Barometer kali ini menunjukkan ada sebanyak 49,6 persen responden menjawab puas terhadap kinerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Sedangkan responden yang mengaku tidak puas dengan kinerja Ma’ruf ada sebesar 37,5 persen.

Sementara itu, ada sebanyak 54,4 persen responden yang merasa puas terhadap kinerja para menteri kabinet Joko Widodo- Ma’ruf Amin. Sedangkan responden yang mengaku tidak puas hanya ada sebanyak 28,1 persen.

Terkait temuan tersebut, Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menyatakan keheranannya, mengacu hasil survei tersebut, dirinya baru pertama kali ini melihat temuan bahwa kepuasan terhadap menteri lebih tinggi dibanding terhadap wakil presiden.

Sebagai perbandingan, Qodari memperlihatkan hasil survei pada Maret 2015, dimana saat itu, kepuasan terhadap mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebesar 53,3 persen. Sementara, sebanyak 46,8 persen responden mengaku puas dengan kinerja menteri kabinet Jokowi-Jusuf Kalla di tahun 2015 tersebut.

Tingkat kepuasan khalayak terhadap Ma’ruf Amin pada survei kali ini semakin njomplang ketika dibandingkan dengan kepuasan terhadap Presiden Jokowi. Dimana tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi, yakni sebanyak 70,1 persen. Adapun 27,4 persen responden lainnya mengaku tidak puas dengan kinerja Jokowi.

Lalu apa kira-kira yang diperlukan KH Ma’ruf Amin agar bisa memuaskan harapan masyarakat di masa pemerintahannya yang masih akan berjalan lama lagi? |WAW-JAKSAT