Hujan Ekstrem Bikin Jakarta Banjir Lagi, Apa Saja yang Dilakukan Anies Baswedan?

0
655
Istana Kepresidenan Jakarta turut tergenang banjir. Kondisi sejumlah titik di Istana tergenang dibagikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung lewat sejumlah foto dan video di grup WhatsApp wartawan/IST

JAKARTASATU.COM – Dua hari ini DKI Jakarta diguyur hujan deras bahkan ekstrim.  Akibatnya, hal itu membuat sejumlah wilayah Jakarta diterjang banjir. Menanggapi datangnya bencana yang acap menjadi sorotan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera menyatakan bahwa pihaknya sudah bekerja sejak dini hari tadi.

“Jadi sejak dini hari seluruh jajaran pemprov bekerja di lapangan,” kata Anies Baswedan di Pintu Air Manggarai, Jakarta (25/2/2020).

Dibawah instruksi gubernur, jajaran staf pemerintahan pemprov DKI Jakarta segera melakukan berbagai tindakan sesuai standard operational procedure (SOP) yang telah disepakati. Misalnya, pertama-tama pemprov melakukan evakuasi, selanjutnya membangun pos pengungsian.

“Satu, membantu evakuasi daerah-daerah terdampak. Kedua, membangun pos pengungsian di wilayah-wilayah yang tedampak itu, pos kesehatan dan pasokan kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat. Jadi kita siapkan di semua tempat,” tegas Anies.

Tak lupa Anies juga mengumumkan agar warga DKI Jakarta yang membutuhkan bantuan terkait dengan terjadinya bencana banjir yang melanda kembali Jakarta tersebut, dipersilahkan untuk meminta bantuan dengan menghubungi kontak yang tersedia atau, bisa dating langsung ke kelurahan terdekat.

“Kemudian bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan kontak kami di 112 atau datang di kelurahan terdekat dan kita akan bantu respons semua yang jadi kebutuhan masyarakat,” jelas Anies.

Anies kemudian membeberkan 9 poin yang harus dilakukan oleh jajaran aparat pemerintahan DKI Jakarta sebagai berikut:

  1. Siapkan evakuasi warga terdampak. Pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap. Kantor-kantor milik pemprov segera disiapkan sebagai tempat pengungsian.
  2. Siapkan dapur umum, pos kesehatan, tenaga kesehatan, obat-obatan makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum, dan segala kebutuhan lainnya.
  3. Pastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan. Amankan warga dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan lain-lain.
  4. Bantu kelancaran lalu lintas, bantu mobilitas warga di jalan, amankan transportasi publik.
  5. Pastikan warga dan publik mendapat update informasi yg valid secara terus-menerus.
  6. Jangan posting foto-foto seremonial atau kegiatan kurang penting lainnya, gunakan grup-grup hanya untuk komunikasi penting dan mendesak.
  7. Khusus hari ini: tunda pertemuan/rapat yang tak mendesak. Seluruh jajaran turun membantu penanganan banjir. Koordinasi dengan wali kota/wilayah terdampak.
  8. Wali kota pimpin dan koordinasi seluruh kegiatan di lapangan dengan semua jajaran di wilayahnya. Arahkan jajaran wilayah tak terdampak untuk membantu wilayah terdampak.
  9. Seperti biasa, tetap pastikan keamanan, keselamatan dan kesehatan Ibu/Bapak semua dalam bekerja membantu warga.

“Selamat bertugas, semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan memberikan rida atas semua ikhtiar kita dalam menanggulangi situasi ini. Amiin,” pungkas Anies berdoa. |WAW-JAKSAT