Istana Kepresidenan Kebanjiran, Anies Malah Fokus Evakuasi Warga

0
517
Foto dokumentasi saat Anies Baswedan membantu warga yang terdampak banjir/IST

JAKARTASATU.COM – Ternyata banjir yang kembali melanda Ibu Kota Negara DKI Jakarta kali ini (25/2/2020), ternyata juga sempat menggenangi kawasan istana kepresidenan yang terletak di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat

Adapun beberapa bagian dari wilayah istana negara yang paling banyak digenangi air adalah di lokasi Masjid Baiturrahim yang terletak di samping Istana Merdeka.

Tersiarnya keadaan tersebut terungkap dari postingan hasil rekaman video petugas Istana yang tengah bertugas di sana. Nampak dua petugas menyapu air di lorong kawasan dalam Istana dengan kaki mereka. Terlihat genangan air mencapai setinggi mata kaki. Nampak juga halaman Masjid Baiturrahim tergenang air. Lantai yang hijau dan bebatuan masih terlihat, karena genangan air relatif jernih. Mungkinkah air kotor tidak berani atau sungkan datang ke istana?

Yang jelas banjir yang menimpa istana kepresidenan tersebut bukanlah kali ini saja. Kejadian seperti itu juga terjadi pada masa Jokowi menjadi Gubernur DKI dan juga masa Ahok.

Namun kebanjiran istana kepresidenan ini tidak menjadi perhatian khusus Gubernur DKI Jakarta, Anies Baaswedan. Ia hanya mengomentari bahwa terkait banjir yang kembali melanda ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya tengah bekerja guna menangani banjir yang terjadi lagi ini.

“Penanganannya sedang kami kerjakan, karena itu kalau boleh izinkan kami bekerja sehingga fokusnya pada warga Jakarta,” kata Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, (25/2/2020).

Tak ada komentar terkait genangan banjir yang sampai istana kepresidenan, Anies malah mengatakan fokusnya kali ini memastikan semua warga yang terkena dampak banjir bisa dievakuasi. Kesehatan dan ketersediaan logistik di tempat pengungsian, lanjut Anies, juga menjadi fokus.

“Tempat pengungsian makanannya cukup, kesehatan terjamin sehingga mereka bisa kembali ke rumahnya ketika banjir surut,” ujar Anies.

Yang jelas banjir yang sampai istana tersebut menjadi perhatian tersendiri bagi tokoh politik. Informasi mengenai air yang menggenangi istana tersebut, banyak disebarkan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung lewat beberapa foto dan video di grup WhatsApp wartawan. “Istana Banjir ,” kata Pramono Anung dalam pesan WA di grup tersebut, Selasa (25/2/2020) pagi.

Dus para awak pers pun segera menjadikan hal ini sebagai berita spesial yang notabene banyak memancing keingintahuan masyarakat untuk membacanya. |WAW-JAKSAT