Wanadri Diharapkan Tidak Hanya Berada di Jawa Barat

0
708

JAKARTASATU.COM – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, Wanadri diharapkan menjadi salah satu kepanjangan tangan pemerintah untuk menjaga alam.

“Jawa Barat memiliki risiko bencana gempa, tsunami, longsor dan juga banjir, ke depannya Wanadri bisa meningkatkan edukasi kepada masyarakat terkait mitigasi bencana dan kesiapsiagaan masyarakat agar memiliki budaya sadar bencana dan dapat mengurangi risiko bencana yang akan terjadi,” kata Doni saat menjadi pembicara dalam Malam Sahabat Wanadri dengan tema Semangat Kolektif Bangsa Untuk Mengisi Ke-Indonesia-an Dari Perspektif Lingkungan di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta (26/2/2020).

Doni berharap Wanadri dapat melebarkan sayapnya ke seluruh daerah di Indonesia, “saya berharap Wanadri tidak hanya berada di Jawa Barat saja, namun juga bisa menyebar hingga pelosok Indonesia. Karena wanadri sangat berperan dalam menjaga alam dan operasi kemanusiaan di Jawa Barat”, jelas Doni yang juga anggota kehormatan Wanadri dengan nomor pokok W 173 WK.

Wanadri atau Perhimpunan Penempuh dan Pendaki Gunung adalah organisasi yang bertujuan untuk mendidik pemuda-pemudi Indonesia agar berjiwa patriot Pancasilais sejati, tangguh dan percaya pada kekuatan diri sendiri serta peduli dengan alam.

Selain itu Wanadri juga terlibat dalam operasi kemanusiaan saat terjadinya bencana di Indonesia seperti saat tsunami Aceh, gampa Padang, letusan Gunung Merapi, Banjir Jakarta melalui Wanadri Disaster Grup.* lHER-JAKSAT