Corona dan Yoga

0
570
Udana Yoga/IST

OLEH: Putu Dwijendra  (Udana Yoga Academy)

Organisasi kesehatan dunia sudah sharing ke kita semua melalui medsos bagaimana kita menghindar untuk tidak terjangkit virus corona yang mulai mewabah dunia dan maaf membuat sebagian orang panik sampai-sampai memborong sembako dengan tidak wajar dan menimbun di rumah.

Salah satu yang dianjurkan oleh WHO adalah meningkatkan imune system atau sistem kekebalan tubuh agar ditingkatkan.

Dari sisi pengetahuan yang saya pahami dan pelajari, yakni Yoga, tubuh fisik kita ditunjang oleh dan tergantung dari energi tubuh yang dinamakan Prana, yang mana lapisan ini lebih halus dari tubuh fisik yang kasat mata (dinamakan Pranamaya Kosh ).  Jika prana kita down atau menurun otomatis tubuh fisik kita juga akan down dan secara langsung imune sistem juga menurun.  Saat seperti inilah virus atau bacteria akan sangat mudah menyerang tubuh kita, karena daya tahan tubuh kita tidak kuat.

Pengetahuan Yoga mengajarkan agar melakukan pranayama, untuk meningkatkan energy menjadi kuat dan maximum capacity performanya.  Ketika kita menjaga energy tetap kuat maka imune system atau kekebalan tubuh berada pada level maximum,  dengan demikian bacteria atau virus manapun tidak akan mampu menyerang tubuh kita.  Itu artinya bahwa kesehatan kita akan tetap terjaga.

Apabila kondisi tersebut digabungkan dengan pranayama & latihan yoga asana, maka virus corona tidak akan mampu menyerang anda.  Anda bisa lihat para yogis di Himalaya yang sangat dingin, para yogis bertapa tanpa baju tapi hanya bercelana saja.

Pengetahuan yang mereka pelajari bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari, karena memang itulah tujuan kita mempelajari yoga, yaitu untuk meningkatkan kehidupan menjadi lebih baik.

Bagi Anda yang pernah ikut di kelas saya atau ikut Theacher Training Course (TTC) Udana Yoga, Anda sudah mengetahui bagaimana meningkatkan energi tubuh.

Itulah alasannya mengapa saya memberikan latihan pranayama pada setiap akhir dari yoga kelas, yaitu untuk meningkatkan energi tubuh anda.

Saya menganjurkan pada semua alumni Udana Yoga yang mengajar utk selalu menjaga kesehatan dengan pranayama Kaphala Bhati dan atau Nadhi Sodana level 3.

Tidak usah panik dengan corona mari kita tingkatkan imune system kita dengan tetap berlatih yoga.. keep calm and do yoga,  corona will stay away…. Namaste. (*)