Jokowi Pastikan Dua WNI Positif Corona, Anies Himbau Pekerja Teleworking

0
534
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/IST

JAKARTASATU.COM – Tak lagi bisa berbangga kebal virus corona, akhirnya presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan bahwa dua WNI yang tinggal di Depok, Jabar, telah positif terinfeksi Virus Corona usai berkontak dengan WN Jepang yang lebih dulu terinfeksi. Saat ini keduanya sudah dikarantina di RSPI Sulianto Saroso.

Terkait pengumuman tersebut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan segera menghimbau agar warga DKI mengupayakan untuk bekerja secara remote atau jarak jauh alias teleworking sebagai salah satu bentuk antisipasi penularan Virus Corona atau Covid-19.

“Upayakan melakukan teleworking (mobile/remote working). Saat Covid 19 mulai menyebar di lingkungan sekitar, otoritas kesehatan akan memberikan imbauan terkait penggunaan transportasi publik atau berpergian ke tempat ramai,” unggah Anies  dalam akun IG pribadinya, Senin (2/3).

“Teleworking membantu pekerjaan/usaha tetap berjalan dan menjaga karyawan tetap sehat,” imbuh Anies (2/3/2020).

Tak lupa Anies juga mengingatkan agar orang-orang yang mengalami gejala tertentu mestinya tinggal di rumah saja.

“Jika Covid-19 telah menyebar di lingkungan sekitar, mereka yang mengalami batuk/demam ringan harus tinggal di rumah,” posting Anies.

Lebih lanjut, Anies, mengingatkan agar saat Covid-19 mulai menyebar di lingkungan sekitar, otoritas kesehatan akan memberikan imbauan terkait penggunaan transportasi publik atau bepergian ke tempat aman.

Kira-kira apakah himbauan teleworking ini bermanfaat? Bagi beberapa jenis pekerjaan himbauan ini masuk akal. Namun bagi banyak pekerjaan lainnya yang tidak bisa dikelola secara digital tentunya saran Anies tersebut sulit untuk dilakukan. Lalu akankah Indonesia akan terpukul oleh masuknya Corona tersebut? Yang jelas untuk DKI Jakarta Anies Baswedan telah bertindak cepat dengan membentuk Tim Tanggap Covid-19 yang dipimpin Asisten Kesejahteraan Rakyat. Tim ini menjadi pusat kendali untuk pemantauan, pencegahan, dan penanggulangan COVID19 di DKI Jakarta. Semoga kita semua terselamatkan dari ancaman wabah yang ada. |WAW-JAKSAT