Tatkala Zona Zero Corona Tumbang

0
356

JAKARTASATU.COM– Tingkat penyebaran virus Corona (Covid-19) begitu sangat masif, yang awal kemunculannya dari Wuhan provinsi Hubei Cina, kini nyaris menyebar ke seluruh negara di dunia tak terkecuali Indonesia yang baru secara resmi dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo setelah ada dua orang warga Depok dinyatakan positif Corona, Senin (2/3/2020).

Zona zero Corona Indonesia tumbang seperti tumbangnya rekor tak terkalahkan Liverpool di Liga Inggris pada pekan ke-28 yang kalah telak 0-3 dari tim zona merah degradasi, Watford.

Zona zero Corana yang selama ini menjadi klaim sebagian penentu kebijakan negeri ini rontok seketika tatkala diketahui dua warga yang tak jauh dari pusat pemerintahan positif terjangkit Corona.

Kini Zona Zero Corona di negeri ini telah runtuh, untuk itu layak kiranya pemerintah mengambil langkah-langkah yang tegas dan terukur untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di seluruh wilayah negeri ini.

Semoga jangan lagi ada pejabat yang menganggap remeh penyebaran virus corona ini dengan mengatakan flu yang sering dirasakan masyarakat seperti batuk pilek memiliki angka kematian yang lebih tinggi. Hanya karena tak terpublikasikan, flu jenis ini angka kematiannya lebih banyak daripada Corona. Sebuah pernyataan yang bernada meremehkan bahayanya virus Corona, tentu sangat disayangkan.

*Tardjono Abu Muas, Pemerhati Masalah Sosial