Apa itu Covid-19?

0
613
Ilustrasi Corona Virus/IST

JAKARTASATU.COM – Coronavirus baru yang pertama kali ditemukan di Wuhan pada  Desember 2019 telah mempengaruhi lebih dari 80.000 orang di seluruh dunia  Coronavirus baru, yang sekarang dikenal sebagai Covid-19, telah mempengaruhi lebih dari 135.000 orang di lebih dari 80 negara di seluruh dunia, dan  menyebabkan lebih dari 4.900 kematian.

Virus ini dapat menyebabkan pneumonia. Mereka yang jatuh sakit  yang dilaporkan dengan menderita batuk, demam, dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang parah bisa terjadi kegagalan organ. Karena ini adalah pneumonia virus, dan obat  antibiotik tidak ada gunanya. Obat antivirus yang kita miliki melawan flu tidak akan bekerja. Jika orang dirawat di rumah sakit, mereka mungkin mendapatkan dukungan untuk paru-paru dan organ lainnya, serta cairan. Pemulihan akan tergantung pada kekuatan sistem kekebalan tubuh mereka. Banyak dari mereka yang telah meninggal sudah dalam kondisi kesehatan yang buruk.

Nama Covid-19 diumumkan pada 11 Februari oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Direktur jenderal, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan: “Kami harus menemukan nama yang tidak merujuk pada lokasi geografis, hewan, individu atau kelompok orang, dan yang juga dapat diucapkan dan terkait dengan penyakit tersebut. Memiliki nama penting untuk mencegah penggunaan nama lain yang bisa tidak akurat atau menstigmatisasi. ”

Kami belum tahu betapa berbahayanya Covid-19, dan kami tidak akan tahu sampai lebih banyak data masuk. Tingkat kematian tampaknya sekitar 2%. Sebagai perbandingan, flu musiman biasanya memiliki tingkat kematian di bawah 1% dan diperkirakan menyebabkan sekitar 400.000 kematian setiap tahun secara global. Sars memiliki tingkat kematian lebih dari 10%.

Kunci lain yang tidak diketahui, di mana para ilmuwan harus mendapatkan ide yang lebih jelas dalam beberapa bulan mendatang, adalah seberapa  besar menularnya Covid-19. Perbedaan penting adalah bahwa tidak seperti flu, tidak ada vaksin untuk virus corona baru, yang berarti lebih sulit bagi anggota populasi yang rentan – seperti orang lanjut usia atau mereka yang memiliki masalah pernapasan atau kekebalan tubuh – untuk melindungi diri mereka sendiri. Mencuci tangan dan menghindari orang lain jika Anda merasa tidak sehat itu sangatlah penting. Salah satu langkah yang masuk akal adalah mendapatkan vaksin flu, yang akan mengurangi beban pada layanan kesehatan jika wabah berubah menjadi epidemi yang lebih luas. | SUNGuardian