Prabowo Minta Panglima Kerahkan Pesawat TNI Jemput Alat Kesehatan dari Shanghai

0
214
Dokumen Pertemuan Panglima TNI dan Menteri Pertahanan beberapa waktu lampau/IST

JAKARTASATU.COM – Walaupun tidak ikut hadir dalam Rapat Terbatas (11/3) lalu di Istana yang diikuti Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sesaat sebelum akhirnya BKS dikonfirmasi terinfeksi Corona, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tetap mengikuti tes kesehatan di RSPAD yang digelar pemerintah terkait Covid-19.

Protokol kesehatan ini diterapkan setelah Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19) pada Sabtu (14/3) lalu, sebagai protokol pencegahan maka sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju kemudian menjalani tes sejak Minggu (15/3) kemarin.

Adapun sejumlah menteri yang melakukan cek kesehatan tersebut adalah: Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, Menkominfo Jhoni G Plate dan Mendagri Tito Karnavian.

Bagaimana hasilnya untuk Menhan, Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Prabowo saat ini dalam kondisi sehat. Kemunculan Prabowo kali ini mampu menghapus kasak-kusuk publik yang mengkhawatirkan tentang kondisi kesehatannya karena beberapa waktu tidak kelihatan ketika Indonesia tengah dikagetkan dengan mulai munculnya pasien positif Covid-19 yang terus melonjak hingga sekarang.

Selanjutnya, mengenai penanganan merebaknya Covid-19 di Indonesia, Menhan Prabowo Subianto telah meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk memberi dengan mengerahkan pesawat TNI untuk menjemput alat-alat kesehatan dari Shanghai, RRT.

“Menhan Prabowo Subianto meminta penggunaan pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai untuk mempermudah proses birokrasi G to G yang cepat dibandingkan dengan penggunaan fasilitas lainnya dan bisa membantu Tim Gugus Tugas COVID-19 seperti yang diperintahkan Presiden RI Joko Widodo,” kata juru bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada wartawanKamis (19/3/2020).

Permintaan itu sendiri sebenarnya telah disampaikan Prabowo pada Rabu (18/3). Dahnil memerinci alat-alat kesehatan yang hendak diangkut dari Shanghai.

“Alat-alat kesehatan yang diambil di Shanghai, RRT, berupa disposable masksn95 masks, protective clothinggoogles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps,” rinci Dahnil seperti dikutip detikcom (19/3/2020)..

“Yang nantinya dipersiapkan bisa digunakan oleh tim medis Kemhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas COVID-19 dan para dokter yang sudah berjuang di lapangan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19),” imbuhnya.

Lebih lanjut, Dahnil menyebut pesawat TNI ini akan berangkat dalam 1-2 hari ke depan. “Segera satu-dua hari ini,” ucap Dahnil.

Semoga saja dengan peran aktif Menhan Prabowo kali ini, penanganan merebaknya Covid-19 di Indonesia segera bisa tertangani dengan baik. Seperti kita tahu bahwa China telah mampu melepaskan negaranya dari wabah Covid-19 yang menerpanya, dan sekarang mampu menjadi satu negara yang paling dianggap berpengalaman dalam menangani wabah tersebut. |WAW-JAKSAT